Diskominfotik Riau Gelar Webinar KPCPEN Manfaat Program PEN Bagi UMKM

KPCPEN

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar webinar Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) terkait manfaat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca : Kadiskominfotik Riau: Pentingnya Penyebarluasan Informasi Atasi Karhutla

Webinar ini ditaja oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau yang terdapat dua sesi, pertama selaku narasumber oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Provinsi Riau Asrizal dan kedua, Ketua Aspekraf Arni Ningsih Suparno berlangsung di Ruang Riau Command (RCC), Senin 16 November 2020.

Kadisperindagkop-UKM Provinsi Riau ini menyampaikan pelaksanaan pemulihan ekonomi nasional ini mempunyai tiga dasar hukum diantaranya Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara Untuk Penanganan Pandemi Covid-19.

“Selanjutnya, Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid 19 di Lingkungan Pemerintah Daerah,” katanya.

Landasan berikutnya, Peraturan Meteri Koperasi dan UKM Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perlakuan Khusus Bagi Penerima Terdampak Pandemi Covid 19.

Menurutnya, KPCPEN adalah rangkaian kegiatan untuk pemulihan perekonomian nasional yang merupakan bagian kebijakan keuangan negara yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk percepatan penanganan Pandemi Covid 19 dan atau ancaman yang membahayakan perekonomian nasional atau stabilitas keuangan dan penyelamatan ekonomi nasional.

“Pengertian tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 pasal 1 ayat 1,” ujarnya.

Untuk itu tujuan PEN, Asrizal menerangkan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama Pandemi Covid 19.

“Dan juga tujuannya untuk memperpanjang napas UMKM dan meningkatkan kinerja UMKM berkontribusi pada perekonomian Indonesia,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Aspekraf Riau juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mendukung upaya peningkatan ekonomi bagi pelaku UMKM di Riau.

“Kami bersama akan support 100 persen terkait terobosan untuk membuka gerai UMKM Riau di sebuah market di mall SKA, dari market tradisional ke market yang modern,” sebutnya.

Ia menambahkan untuk di bidang fashion dan karya, pihaknya akan bersinergi para penenun atau pembatik. Dengan mengarahkan hasil produksi kain tenun atau batik dibuat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini seperti tenun dan batik dijadikan masker.

“Melakukan inovasi berkreativitas lokal sesuaikan dengan kondisi covid sesuai kebutuhan pasar,” tuturnya.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk membeli produk buatan Riau, dan juga membantu memasarkan produk – produk buatan Riau. Hal ini tentunya sangat membantu perekonomian daerah dan pelaku UMKM di Riau.(MCR)**

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *