Ekonomi Lesu, Investasi di Pekanbaru Masih Terbaik

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Meski situasi ekonomi nasional tengah mengalami kelesuan akibat badai pandemic Covid-19 saat ini, Kota Pekanbaru justru mencatat realisasi investasi yang terus meningkat. Total investasi yang masuk ke Pekanbaru pada Januari-September tahun lalu sebesar Rp1,258 triliun.

Baca : Walikota Firdaus Optimis KIT Datangkan Pendapatan Rp14,6 Triliun Pertahun

“Tahun ini dalam periode yang sama mengalami kenaikan tajam menjadi Rp3,594 triliun. Atau ada peningkatan Rp2,3 triliun,” kata Sekretaris D inas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru Pekanbaru, F Rudi Misdian, Minggu 22 Novembver 2020.

Rudi mengatakan, walau pandemi Covid-19 berdampak ke semua sektor baik sosial, budaya, pendidikan, hingga ekonomi. Namun realisasi investasi Kota Pekanbaru seolah tidak terkendala. Hal ini karena Pekanbaru masih d ianggap sebagai kota yang aman dan menjanjikan bagi investor untuk menanamkan modalnya.

Selain itu, berbagai kemudahan dalam perizinan mendorong pemilik modal masuk ke kota Pekanbaru. “Pembangunan berbagai sektor industri maupun perdagangan pada masa pandemi di Kota Pekanbaru tetap ada progres. Terbukti ada kenaikan investasi tahun ini sebesar Rp2,3 triliun d ibandingkan tahun lalu,” katanya.

Menurut Rudi, untuk capaian realisasi Rp3,594 triliun itu. Berarti sudah 87,5 persen dari total target dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI dan Pemerintah Provinsi Riau senilai Rp4 triliun pada tahun 2020.

“Jika melihat dari periode yang sama tahun 2019 lalu, realisasi investasi tahun ini naik 285 persen,” katanya.

Rudi merinci dari total investasi itu, terbanyak berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) dengan nilai Rp2,4 triliun dan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp1,1 triliun.

Sementara negara asal investor PMA adalah Singapura, Hong Kong, Republik Rakyat Tiongkok, Inggris, dan Amerika Serikat. (ANT)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *