Merawat Peace Lily Agar Tetap Hijau dan Mengkilap

Peace Lily

LAMANRIAU.COM – Merawat bunga Peace Lily itu sangat mudah jika sudah tahu apa saja syarat dan kebutuhan hidupnya. Terlepas dari jenis apa yang kamu miliki, hampir semua jenis Peace Lily (Spatiphyllum spp.) butuh perawatan yang hampir sama.

Baca : Menanam Bunga Cantik Kalatea Sederhana

Peace Lily termasuk dalam kategori tanaman indoor unggulan dengan keindahan dan kemampuannya dalam menyerap racun udara. Banyak studi telah melakukan untuk tanaman satu ini dan hasilnya memang luar biasa.

Jika sampai hari ini kamu masih bingung cari cara bagaimana merawat tanaman Peace Lily agar terlihat segar dan mengkilap, berikut tips sederhana:

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang kamu gunakan haruslah porous dan dapat menyimpan kelembaban. Akar Peace Lily teksturnya lunak sehingga media tanam yang kamu gunakan tidak boleh terlalu padat. Jangan gunakan tanah saja melainkan media tanam campuran yang bisa racik sendiri.

Contohnya adalah tanah gembur plus sekam mentah, kompos. Atau humus dengan sekam bakar dan kompos, tanah berpasir bersama sekam mentah dan kompos, bias juga cocopeat dan sekam mentah.

Jangan menggunakan pupuk kandang baru karena masih mengandung amonia yang sangat tinggi. Pupuk kandang bisa kamu gunakan setelah terurai menjadi kompos. Dengan media tanam seperti itu, tanaman ini akan tumbuh sangat subur.

Penyiraman

Merawat tanaman Peace Lily yang benar tak bisa lepas dari cara penyiraman yang benar pula. Karena tanaman ini tidak tahan terhadap kekeringan. Jika telat menyiram tanaman akan layu. Sirah sehari 2 x jika memang temperature sedang naik. Jika tempatnya teduh seperti dalam ruangan, maka penyiraman bisa berlangsung selama 3-5 hari sekali.

Pemupukan

Peace Lily cenderung suka diet nutrisi tapi pemberian pupuk secara rutin bisa dilakukan agar tanaman cepat beranak pinak. Kalau hanya untuk dekorasi ruangan pemupukan dapat lakukan setiap 6 bulan sekali (1 tahun 2 kali).

Pupuk bisa berupa slow release, pupuk tabur, maupun pupuk daun. Mengenai konsentrasinya kamu bisa memilih jenis pupuk dengan konsentrasi NPK seimbang.

Memperbanyak Teknik Split

Jika kamu berencana untuk memperbanyak dan kemudian merawat tanaman Peace Lily sendiri, maka caranya sangat mudah. Pilih rumpun indukan yang bagus kemudian bongkar rumpun tersebut dari pot. Setelah itu kamu bisa split setiap batang tanaman untuk tanam secara individu. Pastikan akarnya ikut, karena kalau terpotong akan sulit untuk hidup.

Setelah batang individu tanam, langkah selanjutnya jaga kelembaban media dan tempatkan plant baru pada lingkungan yang benar-benar teduh (intensitas cahaya 20-30%). Akar jalan biasanya akan segera muncul tunas baru. Dengan demikian kamu bisa memberi pupuk sekali saja. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *