Sosial  

PLN UPT Pekanbaru Bantu Usaha Poktan Beringin Makmur

Beringin Makmur
Manager PLN UPT Pekanbaru Juli Sembiring menyerahkan bantuan CSR secara simbolis ke Ketua Kelompok Tani Beringin Makmur, Sahid.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – PT PLN (Persero) Unit Pelaksanaan Transmisi (UPT) Pekanbaru menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) bagi pengembangan usaha Kelompok Tani Beringin Makmur, Kelurahan Sungasibam, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

Penyerahan bantuan dalam bentuk alat pertanian dan pupuk senilai Rp36 juta oleh Manager PT PLN UPT Pekanbaru, Juli Sembiring, Jumat 11 Desember 2020. Bantuan tersebut diterima Ketua Kelompok Tani Beringin Makmur, Sahid beserta anggota.

Baca : PLN Kembangkan Rumah Kreatif Kampung Wisata Patin

Turut hadir menyaksikan penyerahan bantuan tersebut, Manager Bagian Keuangan dan Administrasi PLN Pekanbaru Mila Permatasari, Manager Bagian PDKB Dedi Suyatno, Pejabat K3 dan Keamanan Ronal Alfianus, SPV Jaringan Tegangan Tinggi Gardu Induk Garuda Sakti Herick Yusra, SPV Adum Yeni Afrina serta Ketua Gabungan Kelompok Tani Sibam Jaya, Muhammah Irfan Silaban SE.

Ketua Kelompok Tani Beringin Makmur, Sahid, mengaku berterima kasih atas bantuan dari dana CSR PT PLN UPT Pekanbaru. Bantuan ini sangat berguna bagi pengembangan usaha anggota kelompok tani yang bergerak pada perkebunan ubi dan produksi tepung gaplek.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan CSR PLN untuk meningkatkan produksi bagi petani. Mudahan bantuan ini juga bergulir ke beberapa kelompok tani sekitar, pada kesempatan selanjutnya,” kata Sahid.

Ia mengatakan, Kelompok Tani Beringin Makmur berdiri sejak tahun 2015, baru pertama kali mendapatkan bantuan. “Dengan bantuan PLN ini, usaha kelompok tani kami sedikit mengalami peningkatan dari biasa,” sampai Sahid.

Sementara, Ketua Gapoktan Sibam Jaya, Muhammad Irfan Silaban menambahkan, bantuan ini dapat menjadi berkah bagi petani setempat lebih maju pada masa pandemi Covid-19.

“Untuk Sungaisibam ada 4 kelompok tani yang kami gabung dalam Gapoktan Sibam Jaya, dengan tanaman yang berbeda diatas lahan sekitar 30 hektar. Sibam adalah nama kelurahan, dan jaya adalah tekad kami,” terangnya.

Irfan Silaban yang turut menjadi bagian dalam Kelompok Tani Beringin Makmur mengatakan, dengan adanya bantuan CSR PLN, pihaknya sekarang dapat memperluas produksi. “Kalau bapak lihat sekarang untuk jemuran ubi sudah bertambah. Bahkan dananya juga kami pakai menambah lahan usaha. Luasnya mencapai 3,5 hektar,” ulas dia lagi.

“Masalah yang tengah kami hadapi para petani Beringin Makmur saat ini, adalah pemasaran. Karena sejak pandemi, harga jual ubi jauh lebih murah. Kalau kemarin per kilo bisa Rp1500, sekarang hanya Rp400,” tambahnya.

Kepedulian Sosial

Manager PLN UPT Pekanbaru Juli Sembiring menyebutkan, bantuan CSR merupakan program kerja PLN khususnya unit pelaksana transmisi, sebagai bagian aksi sosial dan kepedulian PLN untuk sekitar wilayah kerja.

“Khusus UPT Pekanbaru, kami sebagai pengelola tower tegangan tinggi. Sepanjang garis bawah transmisi kami, ini menjadi tanggungjawab sosial. Kemarin kami sudah realisasikan bantuan CSR untuk kelompok pengajian sekitar Kecamatan Rumbai. Kemudian bantuan pembangunan masjid daerah Kecamatan Bangkinang,” terangnya.

Harapannya bantuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemudahaan bagi aktifitas masyarakat setempat. “Kami juga berharap anggota Kelompok Tani Beringin Makmur, lebih sukses kedepan,” sebut dia.

Kepala K3 dan Keamanan PLN UPT Pekanbaru, Roni Alfianus juga berharap kerjasama masrakat dan PLN terus meningkat kedepan. “Tentunya kami ingin titipkan, karena ada peralatan perjaringan transmisi, masyarakat juga sama-sama turut menjaga fasilitas milik PLN itu,” tutupnya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *