Kampus  

Edukasi Anak-anak Prokes Covid-19, STIKes Al Insyirah dan Univrab Literasi Kesehatan di Panti Asuhan

LITERASI KESEHATAN - Tim pengabdian masyarakat STIKes Al Insyirah dan Univrab foto bersama anak-anak Panti Asuhan Aisyiyah Puteri Riau usai kegiatan literasi kesehatan, Rabu (16/12).

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – Dalam rangka memberikan edukasi kesehatan sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Al Insyirah Pekanbaru berkolaborasi dengan Universitas Abdurrab (Univrab) melakukan pendampingan kepada anak-anak panti asuhan.

Gerakan literasi kesehatan menuju Indonesia sehat cerdas dalam masa new normal ini dilaksanakan di Panti Asuhan Aisyiyah Puteri Wilayah Riau, Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, Rabu (16/12/2020).

“Edukasi ini sebagai wujud tanggung jawab kami dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkulaitas. Maka kami hadir dalam wujud pengabdian kepada masyarakat kepada anak-anak panti asuhan,” ujar Dr Rini Harianti SSi MSi perwakilan dari tim pengabdian kepada masyarakat STIKes Al Insyirah.

Sementara Pimpinan Panti Asuhan Aisyiyah Puteri Wilayah Riau, Sri Paulina mengatakan, mengingat kondisi saat ini, pendampingan literasi kesehatan dianggap penting untuk dikuasai masyarakat.

“Literasi kesehatan mendorong kita memiliki kemampuan untuk memilah dan menentukan mana informasi kesehatan yang seharusnya diterima dan dijadikan pedoman dalam berperilaku,” katanya.

Dalam hal ini para tim pengabdian kepada masyarakat juga memberikan materi terkait edukasi kesehatan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Kemudian standar protokol kesehatan Covid-19 yang disampaikan oleh Imelda Fitri SST Mkeb dan aplikasi implementasi gerakan 3M yang disampaikan Hotmauli SST MKeb. Serta pendidikan seksualitas pada anak oleh Silvia Anita Yuningsih SST MKes.

Tim pengabdian kepada masyarakat juga memberikan penyaluran bantuan hasil donasi dalam bentuk pakaian, alat-alat sekolah dan uang untuk Panti Asuhan Aisyiyah Puteri. Pihak panti asuhan pun berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

“Tujuan kami melakukan pengabdian kepada masyarakat ini ingin melihat bagaimana perkembangan kesehatan anak, yang pastinya akan berpengaruh khususnya untuk anak-anak panti asuhan Aisyiyah.” kata Imelda Fitri SST Mkeb. (*)

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *