Terjadi Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 5,7 di Manggarai NTT

Ilustrasi Gempa Bumi

LAMANRIAU.COM (NTT) – Gempa bumi  berkekuatan magnitudo 5,7 kembali mengguncang salah satu wilayah di Indonesia yakni daerah Manggarai, Nusa Tenggara Timur pada Senin, 11 Januari 2021.

Gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 8.20 WIB Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kemudian lokasi gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 berada di koordinat 7,59 LS dan 120,49 BT, laut Flores.

Sementara pusat gempa bumi itu berada di laut 113 km Timur Laut Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, dengan kedalaman 650 km.

Beberpa wilayah di daerah tersrebut merasakan getaran gempa yang terjadi  dalam skala II hingga III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Sebagai penjelasan informasi, Skala MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, dan terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut. Skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan Skala III MMI berarti getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah, terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Wilayah yang merasakan getaran gempa bumi Skala II hingga III MMI berada di wilayah Waingapu, Sumba Timur, NTT.

Kemudian wilayah yang merasakan getaran Skala II MMI berada di wilayah Denpasar dan Kuta, Bali.

Untuk potensi gempa, BMKG menginformasikan bahwa gempa tersebut dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat.“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” kata pihak BMKG.

Beruntung gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya. untuk informasi terkait adanya potensi tsunami, BMKG mengungkapkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *