Hukrim  

Polisi akan Panggil Bea Cukai Terkait Tewasnya Haji Permata

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Polisi terus mengusut kasus tewasnya pengusaha asal Batam Haji Permata, yang dilaporkan pihak keluarga atas tindakan aparat Bea Cukai di perairan Kabupaten Indragiri Hilir beberapa waktu lalu. Kasus tersebut saat ini telah dilimpahkan ke Polda Riau dari Polda Kepri.

“Kami akan memanggil pihak Bea Cukai dipanggil oada hari Kamis besok,” kata Direktur Ditreskrimum Polda Riau, Kombes Teddy, Rabu 20 Januari 2021.

Selain itu, Polda Riau telah memeriksa sejumlah saksi. Saksi yang telah diperiksa adalah masyarakat di sekitar lokasi. Pengusaha Haji Permata tewas saat penggerebekan rokok ilegal di wilayah perairan Indragiri Hilir, Jumat 15 Januari 2021.

Tertembaknya pengusaha asal Kepri dalam kegiatan pengejaran mafia penyelundup rokok ilegal oleh Bea-Cukai disebut karena situasi mendesak. Bea-Cukai mengatakan petugasnya dilempari molotov oleh penyelundup rokok ilegal.

Dalam dokumen keterangan tertulis Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai Syarif Hidayat, kapal Bea Cukai bernomor lambung BC 10009 dengan dibantu kapal BC 15040 dan BC 15041 mencoba menghalau kedua speedboat penyelundup.

Saat itu anak buah kapal (ABK) kedua speedboat disebut hendak melawan petugas yang sedang memeriksa salah satu kapal speedboat penyelundup yang berhasil dikuasai pihak Bea Cukai.

Selanjutnya, menurut Syarif, datang belasan orang menggunakan kapal pancung yang sengaja disiapkan untuk melindungi empat speedboat penyelundup. Mereka disebut melempari kapal BC 10009, BC 15040, BC 15041, dan speedboat yang sedang diperiksa petugas Bea Cukai dengan bom molotov, mercon, serta kembang api hingga terjadi tembakan dan menewaskan Haji Permata.

Terakhir, Senin 18 Januari 2021, laporan yang dibuat di Polda Kepri diambil alih Ditreskrimum Polda Riau. Selanjutnya kasus ditangani Polda Riau dengan langsung melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi. (dtc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *