Riau  

Warga Sunda Riau Dukung LAMR dan Pemprov Kelola Blok Rokan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pengurus dan warga Paguyuban Mitra Sunda Riau (Misuri) mendukung langkah positif Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang ingin terlibat dalam pengelolaan blok Rokan bersama Pertamina, pasca peralihan dari PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) tanggal 9 Agustus 2021 mendatang.

“Kami salut atas perjuangan LAMR luar biasa. Walau bukan lembaga politik dan profit, berjuang atas hak Migas yang ada di perut bumi Melayu, untuk kesejahteraan bukan hanya dirasakan orang Melayu. Tapi ini pasti dirasakan seluruh warga Riau,” ungkap Ketua Misuri Riau, HM Surahmat, Kamis 18 Februari 2021.

Baca : Kelola Blok Rokan, Orang Melayu Harus Bersatu!

Ia mengklaim bahwa pimpinan dan seluruh warga Pagayuban Mitra Sunda Riau sebagai berhimpun orang Riau yang berasal dari suku dan Mitra Sunda (Jabar-Banten), siap untuk mendukung upaya tersebut.

Menurut mantan pimpinan Asuransi Parolamas Riau ini, LAMR harus terus berjuang, jangan sampai mundur dan tetap merangkul seluruh komponen baik yang ada di daerah maupun pusat, sehingga peluang itu segera terealisasi.

“Soal modal besar juga SDM yang diperlukan, tidak perlu khawatir, sebab sudah banyak orang Melayu dan warga Riau ahli perminyakan. Apalagi Riau juga sudah banyak universitas yang menelurkan sarjana perminyakan,” katanya.

Belum lagi warga yang kuliah dari luar daerah, termasuk luar negeri. Dan yang sudah puluhan tahun bekerja kepada PT Caltex maupun Pertamina.

“Jangan ragu soal modal, sebab pasti banyak investor yang siap berinvestasi. Tinggal LAMR mengaturnya, sebagai owner, asal untungkan Riau,” timpal Surahmat.

Menurut tokoh Riau ini, peluang kelola 39 % saham Pertamina dari Blok Rokan bagi LAMR dan 10 % participating interest (PI) oleh Pemprov Riau cukup besar bagi peningkatan kesejahteraan dan mengangkat marwah Melayu dan  warga Riau. Selama ini kekayaan perut bumi daerah ini belum sepenuhnya dirasakan oleh warga.

“Sekali lagi kami Misuri mendukung 100 persen langkah LAMR dan juga Pemprov Riau lanjutkan perjuangan, rebut hak Riau jangan ragu. Mari kita bersatu samakan visi dan misi,” tandasnya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *