Butuh Ribuan Pekerja, Pabrik Kelapa Sawit Segera Berdiri di KIT

pabrik kelapa sawit

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit segera berdiri di Kawasan Industri Tenayan (KIT). Perusahaan ini nantinya akan mempekerjakan ribuan orang untuk operasional dan akan menjadi peluang besar bagi warga Kota Pekanbaru.

Baca : Pemko Pekanbaru akan Pindahkan Seluruh Industri ke KIT

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT menyatakan industri hilir minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) ini nantinya dengan kapasitas produksi 2 juta ton per tahun. Sehingga perusahaan ini akan menjadi pabrik pengolahan cukup menjanjikan,

“Pembangunan fisiknya ini akan mulai berlangsung pada tahun ini. Pabrik CPO ini akan membutuhkan 155.000 pekerja,” ujarnya, Minggu 28 Februari 2021.

Menurutnya, pabrik kelapa sawit ini juga akan memberikan kontribusi kepada daerah yang mencapai Rp14,5 triliun per tahunnya. Untuk menyiapkan sumber daya manusia yang dapat memenuhi kebutuhan industri tersebut. Pemko Pekanbaru saat ini melalukan kerja sama dengan semua politeknik yang ada di Provinsi Riau. 

Firdaus menyebutkan dari 32 perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau, dengan lulusan per tahun hanya ribuan orang, jumlah ini diperkirakan belum dapat memenuhi 155.000 kebutuhan tenaga kerja dari rencana pabrik sawit tersebut.

“Karena itu anak-anak Riau jangan jadi penonton, jangan menjadi tamu dalam rumah sendiri, kalau kita tidak siapkan dengan keterampilan sesuai yang butuhkan industri, nantinya kita tidak bisa d iterima bekerja,” pungkasnya. (bsc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *