Geranium, Si Centil Multifungsi yang Menawan

Geranium

LAMANRIAU.COM – Bunga geranium memiliki bentuk yang amat cantik dengan ciri khas kelopak yang saling bertumpuk. Biasanya bunga ini hadir dalam beragam warna, seperti putih, merah muda, dan ungu. Daunnya pun sangat unik dengan bentuk bulat yang hampir menyerupai bunganya.

Baca : Menanam Bunga Iris, Tanaman Hias Beribu Makna

Tanaman ini bisa tumbuh sekitar 20 cm hingga 40 cm jika menanam dalam pot. Sedangkan, yang tumbuh liar bisa mencapai ketinggian hingga empat meter. Tanaman ini tidak hanya bermanfaat untuk mempercantik taman rumah, tapi juga untuk kebutuhan manusia sehari-hari, seperti mengusir nyamuk, bahkan juga untuk kesehatan dan kecantikan.

Pengusir Nyamuk

Beberapa jenis geranium memiliki aroma yang mirip dengan jeruk dan mawar. Sebagian lagi memiliki aroma yang kurang sedap. Akan tetapi, hampir semua aroma bunga ini tidak disukai oleh nyamuk. Cara kerja bunga ini dalam mengusir nyamuk sama seperti tanaman lainnya, yaitu dengan mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk.

Kamu hanya perlu meletakkan pot geranium pada sudut ruangan, dekat jendela, atau dekat pintu masuk. Dengan demikian, nyamuk enggan memasuki rumahmu.

Mengatasi Stress

Minyak aromaterapi sering berguna untuk menciptakan suasana tenang yang bisa merelaksasi tubuh dan pikiran. Kamu bisa menuangkannya pada tungku aromaterapi dan biarkan aromanya menyebar ke seluruh ruang kamar tidurmu.

Jika ingin lebih merasakan aromanya, coba oleskan pada bagian belakang telingamu. Aroma geranium ini sangat baik untuk menenangkan pikiran sehingga stress dan depresi jadi berkurang. Pikiran yang rileks akan membuatmu tidur lebih pulas.

Geranium dalam bentuk teh juga ampuh mengurangi stress. Bagian untuk membuat teh adalah daunnya. Teh daun geranium terbukti mampu menyeimbangkan hormon yang memicu stress dan gelisah.

Saat ini sudah banyak penjual teh daun geranium dalam keadaan kering. Kapan pun kamu membutuhkannya, tinggal seduh dengan air panas dan nikmati khasiatnya.

Tidak hanya stress, teh yang terbuat dari daun ini juga terbukti ampuh mengobati sejumlah penyakit. Antaranya adalah sebagai obat anti radang, obat nyeri sendi dan otot, sakit kepala, serta menyembuhkan sakit akibat luka. Hal ini karena daun geranium mengandung analgesik. Menurut sebuah penelitian, khasiatnya akan bisa terasa tidak lama setelah meminumnya.

Selain itu, teh daun geranium juga baik untuk kesehatan ginjal. Kandungannya ampuh menstimulasi sistem urin, mengurangi kadar garam dan juga lemak. Pencernaan pun akan terjaga karena adanya kandungan antibakterial dalam teh ini mampu mengurangi jumlah bakteri jahat dalam usus.

Mempercantik Kulit Wajah

Geranium mengandung zat astringent yang berfungsi untuk menginduksi produksi kolagen. Untuk mempermudah pengaplikasian pada bagian kulit wajah, bunga ini diolah menjadi minyak. Penggunaan minyak geranium secara rutin pada wajah mampu mengurangi keriput dan kulit wajah menjadi lebih kencang.

Minyak bunga ini juga berkhasiat untuk otot kulit, terutama pada bagian perut. Selain itu, minyak ini juga ampuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Dengan begitu, kulit akan tampil lebih cantik dan mulus.

Bila kamu memiliki bekas luka pada kulit, cara ini patut untuk kamu coba. Begitu juga bagi kamu yang punya masalah dengan jerawat. Pasalnya, bunga ini memiliki sifat anti fungal sehingga jerawat akan lekas mereda.

Satu hal yang harus perhatikan sebelum menggunakan minyak geranium, sebaiknya mencobanya dengan takaran sedikit terlebih dahulu pada area kecil kulit, seperti tangan atau leher. Pasalnya beberapa orang justru mengalami alergi saat menggunakannya.

Pembekuan Darah

Saat kulitmu ada yang terluka dan mengeluarkan darah, oleskan saja minyak geranium. Geranium ini sifatnya hemostatik yang mampu mempercepat pembekuan darah sehingga dapat menghentikan atau memperlambat aliran darah yang keluar akibat luka. Sifat anti bakterialnya juga mampu mencegah infeksi pada area kulit yang terluka.

Secara umum, memanfaatkan geranium tidaklah sulit. Untuk mengusir nyamuk, cukup merawat tanaman bunga dengan rutin menyiramnya. Teh daun geranium pun bisa kamu buat sendiri atau beli dari pasaran. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *