Menanam Bunga Anthurium agar Tumbuh Subur dan Indah

Bunga Anhturium

LAMANRIAU.COM – Dari banyak jenis tanaman hias, bunga anthurium menjadi salah satu yang paling banyak peminat. Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron, keladi hias, dan alokasia. Dalam keluarga araceae, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak.

Baca : Menanam dan Merawat Bunga Masamba yang Menawan

Merawat anthurium terbilang susah-susah gampang. Selain perlu memperhatikan pertumbuhannya, penggemar tanaman hiasjuga perlu mengantisipasi hama agar tanaman tidak mati.

Berikut cara merawat anthurium agar tumbuh dengan baik :

Pilih Media Tanam

Tahapan awal tanaman dapat tumbuh dengan baik adalah dengan menyiapkan media tanam yang pas untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Bunga anthurium dapat tumbuh dengan baik apabila media tanam yang kamu gunakan tidak menimbulkan genangan air.

Jika media tanam anthurium mudah tergenang air maka akarnya akan lebih mudah membusuk. Beberapa bahan yang bisa untuk campuran pada media tanam anthurium adalah cacahan pakis, sabut kelapa, sekam, dan kulit kayu kering untuk menambah unsur hara dan membuat media tidak terlalu padat. Dengan demikian tanaman anthurium akan terjaga pertumbuhan akarnya.

Sterilisasi

Faktor akar tanaman anthurium yang mudah busuk perlu melakukan tindakan sterilisasi agar terhindar hama dan penyakit. Sterilisasi bisa kamu lakukan ketika sedang menyiapkan media tanam.

Cara sterilisasi bisa dengan menjemur media supaya tidak terlalu basah menggunakan matahari dan sebelumnya sangrai terlebih dahulu. Adapun menggunakan cara kimia dengan menaburkan furadan ke media tanam sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.

Pencahayaan

Anthurium tumbuh dalam lingkungan yang beriklim tropis lembap dan tropis kering. Oleh karena itu, pencahayaan sangat perlu. Kamu bisa menempatkan tanaman anthurium pada tempat yang teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari.

Penyiraman

Penyiraman tanaman anthurium bergantung pada musim yaitu musim hujan dan musim kering. Saat musim hujan, tanaman anthurium tidak perlu sering disiram karena sudah ada bantuan air hujan.

Namun tetap pastikan tanaman tidak terlalu basah supaya tidak membusuk bagian akarnya. Sementara saat musim kering, lakukan penyiraman yang intens agar terjaga kebutuhan airnya.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama anthurium antara lain semut, laba-laba merah, fungus gnat. Untuk pengendalian hama, kamu bisa memindahkan pot tanaman anthurium ke lokasi yang tidak dekat dengan banyak semut. Apabila tanaman sudah terserang semut, bisa memberinya obat anti semut.

Jika tanaman terserang laba-laba merah, bisa mengelap bagian daun yang sudah ada jaring laba-laba dengan lap atau kain basah supaya tidak bersarang. Selain itu juga bisa memberikan insektisida. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *