Dihadapan Sugianto, Petani Sawit Siak Keluhkan Sulit Mengurus PSR

Sawit Siak

LAMANRIAU.COM, SIAK – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Riau H Sugianto SH tanpa henti, melakukan sosialisasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Kali ini melakukan sosialisasi PSR ke Kampung Banjar Seminai dan Kampung Sawit Permai, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak.

Dalam sosialisasi ini juga hadir Dirut PT BOS, Antoni. Sekretaris Komisi II DPRD Riau ini pertama mengunjungi Kampung Banjar Seminai, kegiatan ini hadir langsung penghulu Siti Aminah. Sedangkan Kampung Sawit Permai hadir pula penghulu Sadikun.

Baca : Sugianto Ingatkan Perusahaan Perkebunan Jangan Bebankan Petani PSR

Sugianto mengatakan, program PSR ini sangat membantu petani sawit. Karena program ini memang memberikan kemudahan, bukan menyulitkan petani sawit dengan beban hutang lagi. “Apalagi menyulitkan petani sawit yang ingin ikut dalam program PSR tersebut,” katanya, Minggu 4 April 2021.

Dalam hal ini, tegas anggota DPRD Riau dari Fraksi PKB itu, Ia meminta kepada kepala dinas terkait dengan PSR ini memberikan kemudahan bagi petani. Jangan justru memberatkan petani lagi.

“Dari hasil reses ke petani sawit, ada juga keluhan yang kami terima bahwa oknum instansi berkaitan dengan PSR daerah, dalam kepengurusan mendapatkan dana BPDKS RI Rp30 juta per hektare, ini ada yang menghambat,” lanjutnya.s

Kemudian, ada juga perusahaan yang justru membebani petani sawit yang  melaksanakan replanting dengan dana PSR, justru menambah beban petani dengan hutang atau pinjaman lagi.

“Saya sudah berbicara dengan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau untuk menyurati seluruh kepala dinas yang terkait dengan PSR, mulai dari atas dan bawah jangan persulit petani lagi. Termasuk perusahaan, berikan kemudahan PSR, tanpa membebani petani dengan hutang,” jelasnya.

Dukung PSR

Sementara, Penghulu Kampung Banjar Seminai, Siti Aminah menyambut dengan baik saran dari Anggota DPRD Riau ini. Menurutnya, program PSR dengan dana Rp30 juta, tanpa hutang lagi sangat dinantikan petani saat ini.

“Kami perangkat kampung segera bergerak mensosialisasikan PSR tanpa harus ngutang lagi kepada petani sini,” ujarnya.

Kepala Kampung Sawit Permai, Sadikun menambahkan, petani sawit wilayahnya tertarik dengan program PSR. “Saya siap mendukung petani Kampung Sawit Permai yang ingin mengikuti program PSR,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Sugianto terlihat begitu dekat dengan setiap masyarakat yang hadir. Bahkan, Ia memastikan terus menggerakkan program pertanian di Riau. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *