Aceh  

Banda Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan 5.3 SR

banda aceh gempa

LAMANRIAU.COM, BANDA ACEH – Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5.3 skala richter (SR), mengguncang Kota Banda Aceh, Jumat 30 April 2021 malam. Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar, bahwa gempa bumi tektonik ini terjadi pada pukul 23.43 WIB.

“Pusat gempa berada di laut,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro.

Baca : Gempa Bumi 6,4 Guncang Aceh, Terasa Hingga ke Medan

Djati menyebutkan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, dengan titik koordinat gempa berada pada 106 kilometer barat daya Banda Aceh. “Titik koordinat gempa berada pada 5,14 lintang utara dan 94,46 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer,” jelasnya.

BMKG mengingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi gempa susulan. Berdasarkan data dari BMKG, guncangan gempa Banda Aceh hari ini juga terasa pada lokasi 126 kilometer barat daya Kota Sabang, 128 kilometer barat daya Jantho, dan 136 kilometer barat laut Calang.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat pertanggungjawabkan kebenarannya terkait gempa tersebut.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang tersebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ujarnya.

Sebagian besar wilayah Indonesia termasuk daerah rawan gempa. Merujuk pada data BMKG, selama 1976‐2006 saja, telah terjadi 3.486 gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 6,0. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *