Mendagri Minta ASN Bersyukur Dapat THR tanpa Tukin

THR ASN

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian jengkel dengan adanya aparatur sipil negara (ASN) keberatan dengan besaran tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri tahun 2021. Ia mengatakan seharusnya para ASN berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani karena dengan kondisi pandemi saat ini keuangan negara sangat sulit.

“Makanya kita berterima kasih kepada Ibu Menteri Keuangan dan Bapak Presiden, kita masih dapat THR pada situasi yang sulit seperti ini. Kita harus bersyukur betul,” kata Tito dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2021, Selasa 4 Mei 2021.

Baca : THR PNS Segera Cair, Simak besarannya Berikut Ini

Tito pun meminta kepada para kepala daerah agar menyampaikan pesan kepada para ASN bahwa bersykur mendapatkan THR tahun ini. Meskipun, besarannya tidak sebesar sebelum pandemi karena tidak ada unsur tunjangan kinerja dalamnya.

“Untuk pegawai negeri, tolong teman-teman dari kepala daerah sampaikan. Ini dalam situasi kontraksi keuangan yang berat seperti ini, pemerintah masih memberikan THR luar tukin. Kita harus syukuri,” kata Tito.

Ia meminta para ASN untuk mencoba empati kepada pegawai swasta. Situasi pandemi membuat banyak perusahaan swasta jatuh, bahkan sampai ada yang bangkrut. Sementara ASN masih tetap bekerja bahkan mendapatkan THR.

“Kita pegawai negeri masih bisa punya THR, negara bangkrut baru kita nggak punya (THR). Dan kalau kita melihat pihak yang lain, masyarakat tidak bekerja yang nganggur, jumlahnya sekarang jutaan juga. Mereka tidak mendapatkan apa-apa. Siapa yang mau ngasih THR,” kata Tito.

Tito juga menyindir para pemerintah daerah yang anggarannya masih lebih besar untuk belanja pegawai ketimbang belanja modal.

“Jadi, tolonglah teman-teman kepala daerah berikan pengertian kepada ASN daerahnya. Syukurilah apa yang sudah ada, sudah ada honor, ini belanja pegawai banyak sekali porsinya dalam struktur APBD. Ini harus perbaiki, sudah dapat THR, bersyukur,” kata Tito. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *