Lewat Adu Penalti, Italia Juara EURO 2020

LAMANRIAU.COM, LONDON – Italia akhirnya menyudahi permainan dengan kemenangan lewat adu penalti dalam laga final EURO 2020 yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Senin 12 Juli 2021 pagi.

Italia sempat terancam juara, manakala Bek kiri timnas Inggris Luke Shaw mampu mencetak gol kilat pada menit ke-2 permainan. Penuh perjuangan panjang, Bek veteran Italia Leonardo Bonucci kemudian berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-67 babak kedua.

Baca : Final Italia vs Inggris, Senin 12 Juli 2021

Bertahan dengan skor 1-1 hingga extra time berakhir pada menit 120 + 4, permainan lalu berlanjut pada adu penalti dengan hasil 3-2 bagi unggul timnas Italia.

Timnas Inggris sebelumnya berhasil unggul terlebih dulu berkat gol bek kiri Manchester United, Luke Shaw, pada menit kedua.

Luke Shaw berhasil mengonversi umpan manis Kieran Trippier menjadi gol pertama untuk Inggris. Keunggulan The Three Lions bertahan hingga turun minum.

Gol Balasan

Pada babak kedua, Italia yang tertinggal mulai mendominasi permainan. Inggris berkali-kali digempur lewat serangan-serangan yang dilancarkan Federico Chiesa hingga Lorenzo Insigne.

Gol Italia akhirnya tiba pada menit ke-67 melalui Leonardo Bonucci memanfaatkan umpan Marco Verratti.

Gol Leonardo Bonucci lahir setelah terjadi kemelut di depan gawang Inggris. Bola liar berhasil dimanfaatkan Verratti dan akhirnya menemui kaki Bonucci.

Italia sempat mengurung Inggris setelah mencetak gol penyama kedudukan. Namun, Harry Maguire dan kawan-kawan mampu menahan setiap gempuran Italia.

Skor 1-1 berakhir hingga peluit panjang ditupkan wasit Bjorn Kuipers. Pertandinga.

Perpanjangan waktu 2×15 menit tidak mengubah skor 1-1. Walhasil, pemenang mesti ditentukan lewat adu penalti.

Dari 5 eksekutor Italia, Andrea Belotti dan Jorginho gagal menunaikan tugasnya. Penalti Andrea Belotti yang mengarah ke sisi kanan berhasil ditahan kiper Inggris, Jordan Pickford.

Penalti Jorginho yang mendatar ke sisi kiri membentur tiang gawang sebelah kiri.

Di sisi lain, 3 dari 5 eksekutor penalti Inggris gagal menunaikan tugasnya yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka.

Juara Kembali

Kemenangan atas Inggris kali ini membuat penantian lebih dari lima dekade yang diderita timnas Italia untuk kembali menjadi raja sepak bola Eropa terhenti tahun ini.

Terakhir kali timnas Italia mengangkat trofi juara EURO atau Piala Eropa terjadi 53 tahun lalu tepatnya pada edisi 1968.

Dalam sejarah sepak bola internasional, EURO 2020 menjadi gelar keenam dalam lemari trofi timnas Italia.

Rincian dari koleksi trofi timnas Italia adalah empat Piala Dunia (1934, 1938, 1982, 2006) dan dua Piala Eropa (1968, 2020).

Kemenangan atas Inggris sekaligus membuat timnas Italia asuhan Roberto Mancini sukses mempertajam rekor tak terkalahkan mereka menjadi 34 laga beruntun.

Pada sisi lain, timnas Inggris harus tertunduk malu dari hadapan para pendukungnya sendiri pada penampilan pertama mereka di final EURO.

Penantian timnas Inggris untuk meraih gelar juara setelah terakhir kali memenangi Piala Dunia 1966 harus berlanjut tahun ini. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *