Riau  

Riau Minta Tambahan Vaksin ke Kemenkes

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Program vaksinasi yang diterapkan pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan herd immunity dari wabah Covid-19 masih terus digencarkan. Namun untuk Riau, hanya 487.214 warga yang telah melakukan vaksinasi hingga tahap kedua. 

Jumlah itu masih sangat sedikit jika dibandingkan jumlah keseluruhan penduduk Riau yang mencapai 6.394.087 jiwa. Sedangkan untuk warga yang telah menjalani vaksinasi tahap pertama tercatat 357.498 jiwa.

“Masih ada 5.549.375 warga Riau yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 tahap II tersebut,” ujar Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Rabu 21 Juli 2021. 

Yovi menyebutkan, butuh waktu 40 bulan kedepan agar seluruh masyarakat Riau mendapatkan vaksin tersebut. Sebab dalam satu bulan, Pemerintah Provinsi Riau menargetkan 100.000 orang selesai divaksin.

“Jadi kapan Herd Imunity tercapai tergantung kemampuan pemerintah yang menyediakan dan melakukan vaksinasi,” tuturnya.

Saat ini, kata Yovi, Satgas Covid Riau masih kiriman vaksin dari pemerintah pusat, yakni Kementerian Kesehatan untuk mengejar sasaran target vaksinasi tahap satu dan tahap ke dua. 

Anggota DPR RI H Arsyadjuliandi Rachman meminta kepada Menteri Kesehatan segera merealisasikan permintaan penambahan vaksin untuk Riau. 

“Saya meminta dan berharap, bapak Menteri Kesehatan bisa segera merealisasikan permintaan vaksin dari Pemerintah Provinsi Riau. Ini sangat mendesak. Kita juga minta kuota vaksin untuk Riau diperbesar,” ujar mantan Gubernur Riau ini. 

Sejak pekan pertama Juli, Gubernur Riau sudah melayangkan surat kepada Menteri Kesehatan terkait permintaan tambahan vaksin. Pemprov Riau dalam surat itu menargetkan melakukan vaksin 30 ribu orang sasaran vaksin per hari. Dan butuh 210 ribu vaksin untuk 7 hari. Namun hingga kini, Kemenkes belum merealisasikan permohonan itu. 

Andi mengaku sudah berupaya membantu agar Riau bisa segera mendapat vaksin tambahan. Ia juga sudah minta bantuan Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Lakalena, untuk ikut membantu mendesak Kemenkes agar segera bisa merealisasikan permintaan penambahan vaksin dan memperbesar kuota bagi Riau. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *