Menanam dan Merawat Bunga Cempaka, Kaya Manfaat

bunga cempaka

LAMANRIAU.COM – Tanaman bunga cempaka mungkin sudah sering kita dengar dan pernah kita lihat sebelumnya. Apalagi namanya sering juga digunakan sebagai nama panggilan atau nama asli.

Bunga cempaka merupakan salah satu tanaman hias bunga yang memiliki tampilan yang indah dan cantik serta memiliki cukup banyak penggemar karena hal-hal tersebut. Cara menanam dan merawat juga tidak sulit dan tidak jauh berbeda dengan menanam ataupun merawat tanaman bunga yang lain.

Bunga ini juga sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan ataupun untuk mencegah suatu penyakit. Dalam tanaman bunga cempaka terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat seperti minyak atsiri sebagai bahan pembuat minyak wangi.

Baca : Ide Kretif Membuat Pot Gantung Tanaman Hias

Buat kamu yang ingin memiliki tanaman bunga cempaka sekitar rumah ataupun kebun, berikut ini tips dan juga cara menanam serta merawatnya agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Cara Menanam

Menanam bunga cempaka bisa dengan wadah pot, polybag ataupun pada area lahan yang ada sekitar rumah. Pastikan menaruh tanaman cempakan pada area yang terkena sinar matahari langsung agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Langkah-langkah mudah dan simpel yang bisa kamu lakukan menggunakan pot ataupun area lahan adalah, siapkan benih atau bibit bunga cempaka yang bisa berasal dari cangkokan atau stek. Siapkan juga media tanam yang berupa campuran dari tanah, pasir dan pupuk kompos secukupnya.

Jika menggunakan wadah tanam seperti pot atau polybag, pastikan wadah memiliki lubang bagian bawah dengan ukuran tidak terlalu besar. Masukan media tanam kedalam wadah dengan menyisakan beberapa senti bawah wadah.

Buat lubang dengan kedalaman yang disesuaikan dengan bibit. Selanjutnya masukan bibit tanaman kedalam wadah lalu tutup kembali dengan tanah sambil dimampatkan perlahan-lahan. Tambahkan kayu penyangga agar tanaman cangkokan dapat berdiri tegak.

Siram bibit tanaman bunga cempaka setiap hari secara berkala.

Cara Merawat

Tanaman hias ini memiliki wangi yang sangat harum dan bunga yang indah, namun agar tanaman tersebut tetap sehat serta mengeluarkan bunga yang cantik tentunya kita harus rajin merawat. Perhatikan hal-hal berikut untuk mendapatkan hasil maksimal:

Pencahayaan

Tanaman bunga cempaka membutuhkan konsumsi cahaya matahari langsung yang cukup banyak. Jadi sebisa mungkin menempatkan pada tempat yang terkena cahaya atau terkena sinar matahari pagi hari dan sore hari. Tidak lupa juga untuk selalu menyiram karena tanaman ini juga membutuhkan asupan air yang cukup.

Pemupukan

Bunga cempaka memiliki batang kayu yang cukup keras dan membutuhkan asupan nutrisi yang besar. Pemberian pupuk secara berkala perlu lakukan agar tanaman tetap terjaga nutrisinya. Berikan pupuk untuk sekitar 1-2 bulan sekali atau bisa juga dengan mengganti 2/3 dari media tanam dengan media tanam baru.

Kaya Manfaat

Nah, kini kamu tidak hanya bisa memanfaatkan cempaka sebagai tanaman hias, melainkan juga untuk menjaga kesehatan tubuh, sekaligus mengobati pelbagai masalah kesehatan.

Mengatasi Vertigo. Vertigo adalah kondisi yang mana kepala terasa seperti berputar-putar dan tubuh kehilangan keseimbangan. Salah satu cara untuk mengatasi vertigo ini adalah dengan mengonsumsi bunga cempaka, tentunya yang sudah kering.

Kamu bisa merebus 5 kuntum Bunga cempaka kering dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit, kemudian minum air rebusan tersebut.

Mengobati Batuk Berdahak. Manfaat selanjutnya adalah untuk mengobati batuk berdahak. Manfaat cempaka yang satu ini tidak lepas dari kandungan senyawa aktif berupa alkaloid mikelarbina dan liriodenina. Keduanya, memiliki sifat ekspektoran sehingga efektif untuk meredakan batuk berdahak tersebut.

Sama seperti mengatasi vertigo, yang perlu kamu lakukan kali ini yaitu merebus daun cempaka dalam air mendidih. Namun, tambahkan juga bahan herbal lainnya seperti jahe. Konsumsi secara rutin sampai batuk berdahak hilang.

Mengatasi Gangguan Saluran Pernapasan. Kamu juga dapat memanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan berupa gangguan saluran pernapasan seperti asma dan infeksi paru-paru. Manfaat cempaka yang satu ini memang belum valid oleh karena belum adanya studi yang secara khusus meneliti tentang hal ini. Kendati begitu, tak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Manakala terserang penyakit saluran pernapasan, rebus bunga cempaka kering kemudian minum air rebusannya secara rutin sampai penyakit mereda.

Detoks Alami. Dua senyawa dalam bunga cempaka, yakni alkaloid mikelarbina dan liriodenina, juga memiliki sifat diuretik, yakni mempermudah urinasi. Hal ini lantas menghasilkan manfaat bunga cempaka untuk detoks.

Urin yang kamu keluarkan membawa racun-racun dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah bunga ini secara rutin agar racun-racun dalam tubuh tidak menumpuk dan berpotensi membahayakan tubuh.

Mengatasi Keputihan. Bagi kaum wanita, keputihan pada organ intim tentunya sudah tidak asing lagi, bukan? Keputihan penyebabnya infeksi bakteri atau jamur perlu diobati oleh karena kondisi tersebut sangat mengganggu, seperti menimbulkan bau tidak sedap pada vagina.

Minumlah air rebusan daun cempaka kering secara rutin sampai keputihan terobati. Akan tetapi, imbangi juga dengan cara mengatasi keputihan lainnya karena manfaat bunga cempaka yang satu ini belum dapat dipastikan efektivitasnya.

Mengatasi Bau Badan. Sifat anti-bakteri pada senyawa yang terkandung dalam bunga cempaka juga lantas menjadikan tanaman ini ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya yang sebabkan oleh bakteri, seperti bau badan. Kondisi ini tidak hanya mengganggu diri sendiri, namun juga orang lain, bukan?

Oleh sebab itu, atasi masalah bau badan ini dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun cempaka salah satunya. Selain minum, juga bisa memanfaatkan air rebusan daun cempaka tersebut saat mandi, yakni dengan menyiramnya ke sekujur tubuh. Gunakan bunga cempaka kuning oleh karena jenis cempaka ini memiliki aroma wangi yang pekat.

Mengatasi Perut Kembung. Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa penuh sehingga tak jarang Anda merasa mual dan ingin muntah. Hal ini umumnya sebabkan oleh banyaknya gas atau udara dalam perut. Guna mengatasi perut kembung, kamu bisa mengonsumsi air rebusan bunga cempaka yang sudah tercampur dengan bahan alami lainnya seperti jahe.

Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat. Lakukan secara rutin sampai rasa kembung pada perut kamu mereda.

Itu dia informasi mengenai menanam, merawat dan manfaat bunga cempaka. Perlu ketahui, perihal manfaat cempaka ini sejatinya belum memiliki bukti ilmiah yang kuat. Oleh karena itu, jangan hanya bergantung pada bunga cempaka guna mengatasi masalah kesehatan yang kamu alami. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *