Belum Ada Kepastian Jamaah Indonesia Bisa Berangkat Umrah

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Hingga saat ini belum ada kepastian jemaah umrah Indonesia bisa diberangkatkan ke Arab Saudi. Sebab, hingga saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi masih membahas masalah teknis penyelenggaran umrah di masa pandemi Covid-19.

“Masih belum bisa dipastikan kapan kira-kira pembicaraan itu akan selesai dan kapan kira-kira jemaah kita bisa masuk ke Saudi,” ujar Eko Hartono dalam diskusi daring, Kamis 21 Oktober 2021 kemarin.

Seperti dikutip dari Kompas.com Eko mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi tengah membahas masalah teknis seperti sinkronisasi aplikasi PeduliLindungi dan Tawakkalna milik Arab Saudi.

Adapun kedua aplikasi itu memiliki fungsi untuk memberitahukan status vaksin jemaah apakah sudah lengkap atau belum.

Apabila diketahui belum lengkap maka jemaah tersebut tidak boleh masuk dalam lingkungan Maajidil Haram dan Masjid Nabawi. “Dan ini sedang disinkronkan oleh kedua belah pihak,” ujarnya.

Jamaah yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi kata Eko melanjutkan hanya yang sudah divaksin Covid-19 dengan jenis vaksin Moderna, Johnson and Johnson, AstraZeneca dan Pfizer. Sedangkan vaksin lain seperti Sinovac dan Sinopharm harus mendapatkan vaksin booster. (Net/jm)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *