Warga Sempat Panik, Gempa Tapteng Berlangsung Sekejap

LAMANRIAU.COM, SIBOLGA – Gempa dengan magnitudo 5.1 menguncang Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, sekira pukul 17.44 WIB, Jumat 12 November 2021 sore. Gempa juga turut dirasakan warga di Sibolga.

Meski getaran gempa tersebut hanya sekejap, sejumlah warga daerah ini sempat berhamburan keluar rumah, untuk menghindari reruntuhan bangunan akibat guncangan.

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, lokasi gempa berada pada posisi 1.32 LU dan 98.84 BT atau 41 Km tenggara Tapananuli Tengah, Sumatera Utara, dengan kedalaman 65 Km.

Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG), Daryono menjelaskan, tentang poin-poin terjadinya gempa tersebut.

Menurut Daryono, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo 5,1. Episenter terletak pada koordinat 1,32° LU ; 98,84° BT tepatnya di laut, 38 km baratdaya Kota Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dengan kedalaman 81 km.

Disebutkan, gempa merupakan jenis gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa ini dirasakan di Pinangsori dan Padang Sidempuan dalam skala intensitas III MMI dan di Nias Selatan serta Kab. Nias dirasakan dalam skala intensitas II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 18.10 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock)” kata Daryono. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *