Aqil Siraj Tersingkir, KH Yahya Cholil Staquf Terpilih Menjadi Ketua Umum PBNU

LAMANRIAU.COM, LAMPUNG – KH Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) pada Muktamar ke -34 NU di Bandar Lampung. KH Yahya Cholil menang telak dalam pemungutan suara ke dua atas Said Aqil Siraj.

Pada pemilihan langsung tersebut KH Yahya Cholil Yahya memperoleh 337   suara dan Said Aqil 210 suara. Dengan perolehan suara ini KH Yahya Cholil Staquf terpilih memimpin PBNU periode 2021-2026.

Muktamar ke-34 NU  berlangsung sejak Kamis, 23 Desember 2021 kemarin   dan berlanjut hingga pagi ini, Jumat 24 Desember 20021 di Universitas Bandar Lampung. Meskipun dini hari telah memasuki tahapan puncak yakni pemungutan suara untuk memilih Ketua Umum PBNU.

Namun pemungutan suara berlanjut dengan pemungutan suara tahap ke dua. Dua calon yang memperoleh suara terbanyak dan memperoleh 99 suara pada pemungutan pertama mengikuti pemilihan tahap ke dua.

Pada pemungutan suara tahap pertama ada tiga calon yang ikut berlaga  calon petahana KH Said Aqil Siroj, KH Yahya Cholil Staquf, dan mantan Wakil Ketua Umum PBNU As’ad Said Ali.

Pada putaran pertama  ini Yahya Cholil Staquf memperoleh  327 suara Said Aqil 203 suara dan As’ Said Ali 17 suara. Untuk diketahui, ada total 587 suara gabungan dari PWNU, PCNU, dan PCINU.
587 suara tersebut telah disalurkan menggunakan kertas tertulis yang dimasukan dalam kota suara.

Sementara itu Miftachul Akhyar terpilih sebagai Rais Aam yang ditentukan sembilan kiyai sepuh.(jm)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *