Dramatis! 3 Kartu Merah Singapura dan Perpanjangan Waktu Antarkan Indonesia ke Final Piala AFF

kartu merah singapura

LAMANRIAU.COM, SINGAPURA – Meskipun menelan kerugian karena harus kehilangan tiga pemain karena kartu merah, permainan pemain Tim Nasional (Timnas) Singapura tak mengendor, kala menjamu Indonesia dalam laga leg ke-2 Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Sabtu 25 Desember 2021 malam. Akibatnya pertandingan harus mengalami perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Bermain dibawah tekanan publik Singapura, Indonesia sempat unggul pada awal pertandingan lewat kaki Ezra Walian pada menit ke-11. Penyerang berambut klimis itu dengan mudah mencetak gol ke gawang Singapura.

Baca : Terima Kartu Merah, Babak I Timnas Singapura Bermain Imbang Lawan Indonesia

Keunggulan Indonesia dengan penguasaan bola mencapai 53 persen itu, semakin bersemangat, saat detik-detik akhir babak pertama seorang pemain Singapura Syafuwan Baharuddin harus diusir oleh wasit karena melakukan pelanggaran dengan menyikut Rizky Ridho, dan menerima kartu merah.

Namun keunggulan itu buyar seketika, setelah Singapura membuat gol balasan dari seorang Song Ui-young menit ke-49. Hasil 1:1 menyudahi babak pertama.

Dua Kartu Merah

Memasuki babak kedua, angin segar kembali memberikan keuntungan untuk Indonesia. Menit ke-67 lagi-lagi Singapura harus kehilangan seorang pemain, penyerang Irfan Fandi, yang mendapatkan kartu merah kedua.

Timnas Indonesia yang unggul jumlah pemain langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada awal babak kedua. Tepat pada menit ke-51, timnas Indonesia nyaris kembali unggul andai Ezra Walian tidak terlambat menyambut umpan silang mendatar Witan Sulaeman.

Tatsuma Yoshida akhirnya melakukan perubahan pada menit ke-60 bagi Singapura dengan melakukan pergantian tiga pemain yakni Hafiz Nor, Hami Syahin, dan Amy Recha. Mereka digantikan Faris Ramli, Shawal Anuar, dan top skor sementara timnas Singapura di Piala AFF 2020, Ikhsan Fandi.

Keasyikan menyerang, justru kembali kebobolan. Hanya dengan 9 orang pemain, Singapura sama sekali tak mengendorkan perlawanan. Menit ke-74, Shahdan Sulaiman mampu membalikkan keadaan, Singapura unggul 2:1. Berbagai ancaman terus gencarkan oleh pemain tuan rumah yang menciptakan beberapa kesempatan ke gawang Indonesia.

Tiga menit berselang, giliran Shin Tae-yong yang melakukan tiga perubahan. Shin Tae-yong kali ini memasukkan Elkan Baggott, Irfan Jaya, dan juga Egy Maulana Vikri. Tiga pemain itu masuk untuk menggantikan Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, dan Ramai Rumakiek.

Indonesia dengan bersusah payah mampu mencapai asa dengan menahan imbang Singapura pada akhir babak kedua lewat kaki Pratama Arhan menit ke-67. Harapan untuk mencapai puncak final kembali bersinar.

Tetapi menit 90, jantung pemain dan pendukung Timnas Indonesia harus kembali berdegub kencang setelah pelanggaran oleh Pratama Arhan terhadap Shawal Anuar di kotak penalti. Beruntung bagi timnas Indonesia karena Nadeo Argawinata mampu menyelamatkan tendangan penalti Faris Ramli.

Babak Tambahan

Babak tambahan baru mulai, aksi individu Egy Maulana Vikri langsung berbuah gol. Akselerasi pemain FK Senica itu dengan sepakan yang dapat terhalau oleh kiper Singapura. Akan tetapi, bola tepisan itu justru membentur Shawal Anuar sehingga membuahkan gol untuk Timnas Indonesia pada menit ke-91.

Setelah unggul, Timnas Indonesia terus menggempur pertahanan Singapura. Sementara itu, Singapura pun berupaya untuk menyeimbangkan kedudukan melalui serangan balik, tetapi belum berbuah hasil. Pada injury time babak tambahan waktu pertama, Timnas Indonesia kembali menambah gol.

Egy kali ini mencetak gol usai memaksimalkan kemelut akibat sepak pojok Evan Dimas. Timnas Indonesia pun unggul 4-2 atas Singapura pada babak tambahan pertama. Pada babak tambahan kedua, Singapura berusaha keras untuk menekan Timnas Indonesia. Akan tetapi, Timnas Indonesia mampu meredam upaya Singapura.

Setelah itu, Timnas Indonesia lebih banyak menunggu serangan Singapura. Timnas Indonesia tampak ingin menjaga keunggulan yang sudah cukup jauh ini.

Pada menit ke-119, kiper Singapura kembali menerima nasib tragis, Hassan Sunny menerima kartu merah usai melanggar Irfan Jaya. Pada akhirnya, Timnas Indonesia pun menang 4-2 sehingga lolos ke final. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *