Riau  

Gubernur Riau: BUMDes Harus Rubah Mindset

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi motor penggerak ekonomi desa dan aktif menggali potensi  ekonomi desa sehingga BUMDes bisa menjadi tuan di rumah sendiri.

“Saya ingin memberi wawasan, bahwa sebenarnya potensi kita ini besar. Tetapi kita belum jadi pemain, atau tuan di negeri sendiri,” ungkap  Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar saat silaturahim dengan para Direktur BUMDesa se-Provinsi Riau, di rumah dinas, Sabtu 25 Desember 2021.

Untuk itu, kata Gubri, BUMDes harus lebih aktif melirik dan menggali sumber daya alam (SDA) potensial yang ada di desa untuk kemajuan pembangunan dan ekonomi masyarakat.

“Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus mampu mengelola dan memetakan potensi-potensi desa sebagai peningkatan dan pendapatan desa,” kata gubernur.

Gubernur Riau sangat mengapresiasi kedatangan Direktur BUMDes se-Provinsi Riau dalam rangka mendapatkan masukan dan saran untuk kemajuan BUMDes kedepan. 

“Dengan silaturrahmi ini bisa menambah wawasan tentang BUMDes dan potensi daerah yang perlu dikembangkan,” ujar mantan Bupati Siak dua periode ini.

Gubri menyampaikan, sebenarnya Provinsi Riau ini memiliki banyak potensi besar, namun hal itu belum dimanfaatkan secara maksimal.

Tak hanya itu, lanjut orang nomor satu di Riau itu, jika ingin BUMDesa di Riau maju dan berkembang, yang harus diubah adalah mindset atau pola pikir. 

“Mari kita mengubah mindset kita, mindset kita harus maju. Salah satunya bagaimana kita mengelola produk yang ada di daerah masing-masing, itu kita manfaatkan. Kami berharap, adanya BUMDesa ini turut membantu Pendapatan Asli Desa (PADes), serta memulihkan perekenomian masyarakat di Riau saat pandemi Covid-19,” tutupnya. 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Raja Saspi Kurniawan, Kepala Bidang di lingkungan DPMD Dukcapil Riau, serta Tenaga Ahli Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Riau serta perwakilan 2 BUMDes setiap kabupaten. (jm)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *