Riau  

Bunyikan Mercon, Tim BBKSDA Riau Usir Gajah Liar dari Desa Karya Indah

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Menanggapi laporan keberadaan gajah (elephas maximus sumatranus) yang sudah sepekan berkeliaran di wilayah Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau bersama masyarakat melakukan penggiringan.

Plt Kepala BBKSDA Riau, Hartono mengatakan, penggiringan satwa gajah dilakukan dengan bunyi-bunyian mercon (petasan) dan membuat api unggun di tempat tempat yang ada gangguan satwa gajah liat itu.

“Satwa gajah saat ini posisinya di Km 8 wilayah Desa Karya Indah. Tepatnya berada dekat belakang pondok pesantren Umar bin Khattab,” ungkapnya, Senin 27 Desember 2021.

Tim penanganan satwa liar BBKSDA Riau turun ke lapangan bersama masyarakat melakukan penggiringan. Penggiringan yang dilakukan tim penanganan satwa liar bersama warga dan pemilik kebun dibantu oleh gajah dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas. Hal ini bertujuan agar gajah-gajah tersebut keluar dari kawasan perkebunan dan Desa Karya Indah.

“Hingga saat ini, tim penanganan satwa BBKSDA Riau masih berada lokasi. Mereka melakukan pendampingan dan penjagaan warga dan pemilik kebun,” pungkasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *