Riau  

Inhil dan 2 Kabupaten Perbatasan Usulkan Pembangunan Bersama

Gubernur Riau H Syamsuar, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan, Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah meneken kerjasama usulan pembangunan bersama, Jumat (11/2/2022).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menyaksikan Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H Muhammad Wardan dengan Bupati Tanjung Jabung Barat dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi meneken kerjasama usulan pembangunan bersama, di Gedung Daerah Riau, Balai Serindit, Pekanbaru, Jumat 11 Februari 2022.

Adapun usulan yang dimaksud adalah pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan pada ruas jalan utama di wilayah perbatasan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, usulan tersebut nantinya akan diajukan kepada Pemerintah Pusat dengan melibatkan Bappenas, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

“Kerjasama usulan pembangunan bersama ini nantinya juga akan diteken oleh Gubernur Jambi karena kebetulan pak Gubernur tidak dapat hadir saat ini. Mari sama-sama kita usulkan ini ke Pusat dan kita kerjakan bersama,” kata Gubernur Syamsuar.

Jika usulan tersebut terealisasi, Syamsuar menyebutkan, ini akan berdampak kepada kemajuan dua provinsi yaitu Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.

Bupati Inhil HM Wardan dampak positif yang akan didapatkan jika usulan pembangunan konektivitas jalan dan jembatan disetujui dan dapat dibangun, antaranya kemudahan akses sumber daya, yakni harga barang kebutuhan hidup masyarakat jadi lebih murah dan biaya angkut komoditi berkurang.

“Sisi lain investasi juga akan meningkat, di wilayah perbatasan akan ada pertokoan, pasar lokal, industri kecil, indistri menengah, indistri besar dan usaha transportasi. Sedangkan di wilayah kabupaten akan timbulnya usaha-usaha dan menigkatnya aktivitas ekonomi,” ucap Wardan.

Bahkan, angka pengangguran yang ada di tiga kabupaten tersebut diprediksi akan berkurang jika usulan pembangunan terealisasi. Sehingga pendapatan perkapita daerah juga akan meningkat.

Wisata, lanjut Wardan, juga akan merasakan dampak baiknya. Nantinya akan berkembang wisata-wisata baru seperti kuliner. Serta meningkatkan jumlah kunjungan wisata. “Akan banyak dampak positif yang kita dapatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, Robby Nahliyansyah, berharap usulan pembangunan bersama tersebut dapat dilirik Pemerintah Pusat sehingga dengan konektivitas jalan dan jembatan, ekonomi di tiga kabupaten tersebut dapat tumbuh.

“Kami berharap usulan pembangunan bersama ini bisa dilirik oleh Pemerintah Pusat melalui dukungan Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Provinsi Jambi,” pungkasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *