5 Tips Menanam Euphorbia Agar Terus Berbunga

Euphorbia

LAMANRIAU.COM – Tanaman hias seperti euphorbia memang sering berbunga tanpa mengenal musim. Bunga euphorbia sangat indah dengan bentuk bunga yang kecil-kecil dan beraneka ragam warna, yakni ada berwarna merah, hijau, kuning, ungu, hingga merah kekuningan.

Baca : Cara Menanam dan Merawat Bunga Lily Putih

Sedangkan kunci keberhasilan merawat euphorbia agar berbunga, kamu dapat mengikuti 5 tips popmama.com berikut ini:

Beri air dan pupuk secukupnya

Agar tanaman hias euphorbia berbunga, sebaiknya saat melakukan penyiraman airnya tidak boleh terlalu banyak. Tapi secukupnya saja. Sebab tanaman ini tidak memerlukan banyak air, oleh karena itu penyiraman pada tanaman bunga ini hanya dilakukan 2 hari sekali atau saat tanah terlihat kering.

Sedangkan pada sesi pemupukan, setelah tanaman berusia 2 minggu, sebaiknya perlu untuk diberikan pupuk secara intensif. Aplikasi pemupukan menggunakan campuran Growmunune, Hiponex biru, dan Merical Grow dengan perbandingan dosisnya 1 : 1 : 1. Pemupukan seminggu sekali selama tiga minggu berturut-turut.

Jangan lupa membersihkan bagian akar tanaman

Tanaman euphorbia merupakan tumbuhan yang menghasilkan bunga dan berasal dari wilayah Madagaskar, kemudian menyebar ke Asia serta beberapa daerah lainnya yang beriklim tropis. Ketika kamu memutuskan untuk memelihara bunga euphorbia, sebaiknya berhati-hatilah jika tak ingin tanamam hias ini mati.

Ambillah bibit lalu jangan lupa membersihkan akar-akarnya terlebih dahulu. Setelah itu, tanaman siap untuk ditanam.

Menggunakan media tanam yang memiliki drainase cukup baik

Keberhasilan menanam dan merawat bunga euphorbia terdapat pada media tanam yang baik. Dengan menggunakan media tanam yang baik, maka akan membuat tanaman ini tumbuh subur. Sedangkan media tanam yang digunakan harus terdapat unsur hara dalam jumlah memadai. Pot sebagai wadah tanam seharusnya dipilih yang memiliki drainase baik.

Selain itu, coco peat merupakan komponen utama media tanam. Fungsi utamanya yaitu sebagai penyimpan air atau unsur hara, namun tidak membuat media jadi tergenang. Jadi kamu perlu menyiapkan pot yang ukurannya sepadan dengan besar-kecilnya bunga. Pastikan kondisi pot bersih dan memiliki lubang di bagian dasar untuk membuang kelebihan air.

Memastikan euphorbia dalam posisi tegak dan tidak saling melilit

Bunga indah ini merupakan salah satu tanaman hias yang diminati oleh para pecinta bunga. Saat menanamnya, pastikan tanaman hias tersebut juga sehat, akar kuat, batang kokoh dan rajin berbunga. Meskipun begitu, bukan berarti menanam euphorbia tanpa masalah.

Agar tetap berbunga kompak, masukkan euphorbia ke media tanam dengan posisi tegak. Pastikan akar menyebar merata dan tidak saling melilit atau menumpuk satu dengan yang lainnya.

Tidak boleh mengabaikan pasokan sinar matahari

Tips merawat bunga euphorbia selanjutnya yakni tidak boleh mengabaikan pasokan sinar matahari. Tanaman ini sebenarnya lebih mudah hidup pada daerah yang panas. Bahkan ada beberapa jenis euphorbia yang bisa bertahan pada kawasan beriklim gurun. Jadi pastikan pasokan matahari merupakan sebuah kebutuhan utama bagi tanaman ini.

Oleh karena itu kamu harus selalu meletakan euphorbia di luar ruangan, ini agar tanaman hias tersebut bisa mendapat pancaran sinar matahari secara langsung dari pagi hingga sore. Lakukan kelima tips di atas secara teratur agar tanaman tumbuh subur. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *