Artis  

Dorce Gamalama Meninggal, Dimakamkan Secara Laki-Laki

Dorce Gamalama

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Dorce Gamalama meninggal dunia pagi ini, Rabu 16 Februari 2022. Dorce Gamalama meninggal dunia dalam usia 58 tahun.  Kabar meninggalnya Dorce disampaikan putrinya, Siti Fatimah Tuzzahrah melalui akun media sosialnya.

Innalillahi wainailaihi rojiun. Telah meninggal dunia mama kami tercinta Ibu Dorce Gamalama,” tulis Siti Fatimah Tuzzahrah.

Sementara itu, sahabat Dorce, Hetty Soendjaya, mengatakan Dorce menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit pada pukul 07.30 WIB.

Baca : Soal Wasiat Dorce Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan Menurut Sahabat

Artis lawas tersebut meninggal akibat Covid-19 setelah sebelumnya juga sempat mengidap Demensia Alzheimer dan sakit diabetes yang berkepanjangan.

Sebelumnya, Dorce Gamalama ingin dimakamkan sebagai perempuan. Hal ini memantik kontroversi masyarakat. Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis pun ikut menanggapi hal ini.

Menurutnya jika jenazah adalah transgender maka harus diurus sebagaimana jenis kelamin sejak awalnya ia dilahirkan.

Sebab menurutnya mengubah jenis kelamin memang tidak diakui dalam agama Islam. Sehingga hukumnya tetap berlaku pada jenis kelamin asalnya.

“Jadi mengubah kelamin itu tak di akui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama,”ujarnya.

Kepastian Pemakaman Dorce Sebagai Laki-laki

Sebagaimana prosesi, setelah artis multi talenta itu disholatkan di masjid Al Hayyu, kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, tadi siang. Kala itu ia disholatkan sesuai dengan nama lahirnya yaitu Dedi Yuliardi.

Usai sholatkan, Dorce kemudian dibawa ke pemakamn. Sesampainya jenazah Dorce dalam TPU Bantar Jati, sejumlah petugas menggunakan APD lengkap membawanya ke pemakaman. Prosesi pemakaman pun berlangsung dengan menerapkan standar protokol Covid-19.

Alasan Pihak Keluarga

Fatimah, salah satu anak Dorce Gamalama mengungkapkan alasan kenapa pihak keluarga membuat keputusan memakamkannya secara laki-laki. Ia mengatakan, Dorce memasrahkan sepenuhnya kepada keluarga apakah akan memakamkan sebagai laki-laki atau perempuan.

“Mama sudah menyerahkan kepada kita anak-anaknya dan kita memutuskan sesuai dengan jenis kelamin lahirnya mama,” kata Fatimah.(rds)  

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *