Riau  

Riau Dalam Ancaman Karhutla, Hari ini Tercatat  Ada 68 Hotspot

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU –  Teriknya cuaca beberapa waktu terakhir ini menyebabkan munculnya titik hotspot potensial yang menjadi Ancaman terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau. Hari ini ada 68 Titik panas atau hotspot yang terpantau di Riau,  Senin 28 Maret 2022. Kondisi ini bisa menjadi ancaman  serius karhutla di Riau.

“Hari ini ada 68 titik panas terpantau di Provinsi Riau yang tersebar di beberapa wilayah,” ujar Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Bibin Sulianto, Senin 28 Marer 2022.

Ia mengatakan, 68 titik tersebut tersebar di 7 wilayah dengan sebaran terbanyak berada di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu, masing-masing sebanyak 20 titik panas.

“Selanjutnya di Kabupaten Kuantan Singingi 13 titik, Indragiri Hulu sebanyak 8 titik, Meranti 4 titik, Siak 2 titik dan Indragiri Hilir 1 titik,” ungkapnya.

Dari jumlah tersebut, lanjut Bibin, sepuluh titik berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

“Sepuluh titik tersebut berada di Kabupaten Kampar 4 titik, Kepulauan Meranti satu titik dan Rokan Hulu 5 titik,” sebutnya.

Sementara 55 titik lainnya berada di level sedang dan 3 titik level rendah.

“BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” sebutnya.

Untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 85 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat – Utara dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.***

Editor    : zulfilmani
Sumber : cakaplah.com

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *