Riau  

Belum Terima Surat, Pelantikan PJ Walikota Pekanbaru dan PJ Bupati Kampar Apakah Tetap 22 Mei?

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sampai saat ini Pemerintah Provinsi Riau belum menerima Surat Keputusan (SK) Penunjukan Penjabat (PJ) Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar. Namun begitu, Pemprov Riau sudah berancang-ancang mengadakan pelantikan ke dua PJ tanggal 22 Mei 2022.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus, mengatakan Pemprov Riau sudah diminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mempersiapkan acara pelantikan, 22 Mei mendatang.

“Iya kami sudah terima surat dari Kemendagri. Mereka minta untuk melakukan persiapan pelantikan dua Pj tersebut,” kata Muhammad Firdaus, Kamis, 19 Mei 2022.

Untuk mempersiapkan pelantikan, Kamis ini, melakukan rapat persiapan pelantikan dua Pj kepala daerah tersebut. Rapat ini juga melibatkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar.

Terkait tanggal 22 Mei adalah hari libur, hari Ahad, kemungkinan besar pelantikan bakal dilakukan Senin, 23 Mei. Jika pelantikan diundur satu hari, sementara masa jabatan berakhir tanggal 22 Mei, kemungkinan akan ada Pelaksana Harian (PLH) ke dua jabatan.

Saat ditanyakan apakah SK penunjukan dua Pj kepala daerah tersebut sudah diterima, Firdaus menyebutkan belum. Pihaknya hingga saat ini masih menunggu perintah untuk menjemput SK tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya,  calon Pj Wali Kota Pekanbaru terdapat tiga nama, yakni Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmi, Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal, dan Kadispora Riau Boby Rachmat. Belakangan menyusul nama Sekwan DPRD Riau Muflihun masuk dalam calon Pj Wali Kota Pekanbaru.

Sedangkan Pj Bupati Kampar diusulkan Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Zulkifli Syukur, Kadisnakertrans Riau Imron Rosyadi, dan Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat. Namun, seperti di Pekanbaru, nama PJ Bupati Kampar yang beredar malah nama yang tidak diusulkan Gubernur Riau. Isu yang berkembang, PJ Bupati Kampar adalah Kamsol, yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Riau. (*)

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *