Riau  

Diskes Riau Sediakan Mal Vaksinasi dan Imunisasi Msyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, H Zainal Arifin, M.Kes

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau akan menyediakan mal vaksinasi bagi masyarakat di Jalan Melur, Pekanbaru. Mal vaksinasi tersebut dibuat untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin mengatakan, saat ini rumah vaksinasi 24 jam yang didirikan sebelumnya sudah ditutup, dan pihaknya akan membuat mal vaksinasi secara permanen. Di mana rumah vaksinasi sebelumnya dibuat di Kantor Diskes Riau dan RSJ Tampan.

“Kami sudah konsultasi dengan Kemenkes dan koordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten/Kota, kita akan membuat mal vaksinasi. Rencana kita buat di Jalan Melur,” kata Zainal.

Zainal menyampaikan, saat ini bangunan mal vaksinasi tersebut sedang dilakukan renovasi, di samping pihaknya tengah menyiapkan perangkat hukumnya.

“Sekarang sedang renovasi, dan kita siapkan perangkat hukumnya. Kemudian kita sepakati untuk petugasnya bersama Diskes Kota Pekanbaru, karena mal vaksinasi ini akan berkontribusi untuk masyarakat Pekanbaru,” terangnya.

Zainal menyatakan Mal Vaksinasi ini secepatnya akan didirikan dan akan diresmikan oleh Dirjen Kemenkes RI.

“Insyaallah secepatnya kita resmikan, karena sekarang kita sedang konsultasi dengan kementerian kalau pak Dirjen berkenan yang akan meresmikan Mal Vaksinasi,” sebutnya.

Lebih lanjut Zainal menjelaskan, nantinya mal vaksinasi Riau itu tidak hanya melayani vaksin Covid-19, tapi juga untuk imunisasi rutin bisa dilaksankan di sana.

“Nanti bisa juga melayani vaksin Hepatitis dan Meningitis. Karena vaksin untuk jemaah haji dan umrah itu Meningitis. Semua nanti gratis, kita tidak ingin semua berbiaya. Makanya perangkat hukum itu yang sedang kita siapkan, dan konsultasi ke pusat,” ujarnya.

Dengan adanya mal vaksinasi Riau, maka diharapkan masyarakat yang memiliki kesibukan kerja pada siang hari dapat melakukan vaksin di mal vaksinasi Riau. Sebab jam operasional mal vaksinasi juga sama dengan mal atau hingga malam hari.

“Karena mal bukanya jam 10 pagi dan tutupnya jam 10 malam, maka mal vaksinasi juga bukanya sama dengan mal biasa. Untuk pendaftaran pelayanan vaksin juga bisa melalui online dan manual datang langsung ke mal vaksinasi,” sebutnya. ***

Editor: Fahrul Rozi/Sumber: Riaupos.com

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *