Pengantar Kolom “Kemas Kota”

kemas kota
Pakar Lingkungan dan Tata Kota, Dr Muhammad Ikhsan, ST, M.Sc

LAMANRIAU.COM – Mulai hari ini rubrik LamanRiau.com menambah satu kolom lagi, yaitu Kemas Kota. Kolom ini dianggap sangat spesial, juga sangat perlu.

Kemas itu rapi, tersusun, tertata dan elok. Pekerjaan berkemas itu biasanya action menyusun ulang, mengatur lagi, menata kembali, membenahi yang berserakan atau memperbaiki yang telah rusak.

Untuk itulah kolom ini hadir. Untuk menjawab persoalan atau masalah kronis yang dihadapi kota. Utamanya Pekanbaru, sebagai muka atau wajah depan Provinsi Riau, yang semakin hari semakin rawan dan runyam dengan persoalan banjirnya, sampah yang berserakan di setiap penjuru kota, macet panjang, infrasruktur yang tak terencang, minimnya jalan alternatif. Akankah tetap menjadi kota layak huni untuk masa depan?

Kalau “kemas” saja tidak tak terlihat, bagaimana muncul eloknya bila berhias? Apa indahnya pelamin di tengah pelimbah? atau manisnya pengantin di tengah bencah? Pasnya : apa eloknya bangunan megah bila kondisi sekitarnya macam area limbah?

Dr Muhammad Ikhsan, ST, M.Sc tamatan dari Utah State University, AS, ini akan mengulas persoalan satu demi satu. Beliau konsultan tata kota, tenaga ahli perencanaan pembangunan dan lingkungan perkotaan.

Semoga hadirnya kolom ini dapat meredakan persoalan Kota Pekanbaru yang kita hadapi selama ini. ***

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.