Ujian Akhir Semester, SMKN 1 Benai Gunakan Aplikasi Buatan Sendiri

Para siswa dan siswi SMKN 1 Benai melaksanakan UAS melalui aplikasi buatan sekolah tersebut.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Secara serentak Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di Provinsi Riau sudah mulai melaksanakan Ujian Akhir Sekolah atau Ujian Kenaikan Kelas. Begitu juga di SMK Negeri 1 Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Namun ada yang berbeda, di mana SMK Negeri 1 Benai Melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) menggunakan aplikasi buatan sendiri yang bisa diakses melalui handphone siswa.

Pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) atau ujian kenaikan kelas di SMK Negeri 1 Benai, Kabupaten Kuansing yang dimulai Senin 6 Juni 2022, sudah menggunakan aplikasi yang diciptakan sendiri oleh salah seorang guru dan tim SMKN 1 Benai. Aplikasi ini bisa diakses melalui smartphone siswa saat ujian berlangsung.

Menurut Kepala SMKN 1 Benai Kusnadi, S.Pd melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Linda Purwanti, S.Pd, aplikasi ini sangat membantu dalam pelaksanaan ujian karena lebih efisien dan efektif.

“Siswa cukup mengakses soal dari smartphone masing-masing menggunakan jaringan internet sekolah,” ujar Linda, Kamis 9 Juni 2022.

Jadi, saat ujian berlangsung siswa tidak bisa membuka halaman lain, selain dari soal ujian. Apabila mencoba ke halaman lain maka soal akan tertutup.

“Selama empat hari pelaksanaan ujian berlangsung, tidak ada kendala yang berarti. Semua berjalan lancar,” beber Linda.

Linda juga berharap sekolah lain di Kuansing bisa mengadopsi sistem yang diterapkan di SMKN 1 Benai.

Sementara Itu, Nopri Syahdatu Rizki, S.Kom selaku pembuat aplikasi mengaku senang dan bangga karena aplikasinya bisa digunakan untuk pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah di SMKN 1 Benai.

Ia menyebut aplikasi ini akan terus dikembangkan agar lebih mudah para siswa dan guru dalam melaksanakan ujian dan juga penilaian terhadap siswa. “Karena para guru juga bisa mengakses aplikasi ini dan sekaligus bisa memantau siswa yang sedang ujian,”  tutup Novri. ***

Editor/Penulis: Suharman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.