Dikira Harimau, Ternyata Macan Dahan Masuk, Warga Pasaman Ketakutan

Seekor macan dahan masuk ke rumah warga di Pasaman (net)

LAMANRIAU.COM, PASAMAN – Warga Jorong Rumah Nan XXX, Nagari Aia Manggis, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Senin pagi, 13 Juni 2022, dikagetkan dengan adanya seekor macan dahan masuk ke dalam rumah.

Warga sempat ketakutan. Pasalnya, mereka mengira binatang yang masuk ke dalam salah satu rumah warga itu seekor harimau, karena warna belangnya mirip harimau.

“Kita dapat informasi tadi pagi dari jajaran Polres Pasaman dan Pemerintah Daerah, bahwa ada rumah warga yang dimasuki harimau, itu informasi awalnya,” ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar, Khairi Ramadhan seperti dilansir langgam.id, Senin, 13 Juni 2022.

Saat Tim BKSDA datang ke pemukiman padat penduduk itu, mereka baru tahu yang masuk ke dalam rumah itu jenis macan dahan.

Khairi menjelaskan, Macan Dahan itu masuk ke dalam rumah warga pada malam hari. Untuk mengevakuasi binatang yang dilindungi itu, petugas terpaksa melakukan tembak bius.

“Sekarang  sudah dievakuasi ke lokasi obervasi Lubuk Sikaping memastikan kesehatannya. Apakah ada perubahan perilaku atau tidak,” ucapnya.

Setelah selesai  observasi, macan dahan berjenis kelamin betina itu  dilepasliarkan ke habitat aslinya di hutan.

“Secara visual tidak ada luka dan kondisi kesehatannya aman dan bugar. Warna bulunya juga cerah. Nanti malam akan kita amati perilakunya,” tandasnya.

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.