Jangan Lupa Besok Malam Bakal Berlangsung Supermoon

Besok malam bisa disaksikan supermoon (net)

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Fenomena alam Supermoon bakal terjadi besok, Selasa malam, 14 Juni 2022. Planetarium dan Observatorium Jakarta mengajak warga Jakarta untuk ikut kegiatan peneropongan supermoon.

Acara bertajuk Piknik Malam Bersama Supermoondigelar di Dome Symphony of the Sea, Taman Impian Jaya Ancol pada Selasa, 14 Juni 2022. Kegiatan dimulai pukul 19.00.

“Kami siapkan tenda dan kursi untuk 200 orang bisa mengikuti acara ini,” kata Widya Sawitar, Astronom Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Fenomena Supermoon atau superbulan adalah sebuah posisi Bulan ketika sedang memasuki fase purnama. Posisinya di sekitar jarak terdekatnya dengan bumi.

Widya Sawitar seperti dikutip temp.co, menuturkan bahwa piringan Bulan saat supermoon akan terlihat 14 persen lebih besar dibandingkan saat micromoon. Micromoon adalah posisi Bulan ketika dalam fase purnama, tetapi bulan berada pada jarak terjauhnya dengan bumi.

Pada supermoon kali ini, Widya memprediksi bahwa supermoon akan mulai bisa dilihat pada Selasa, 14 Juni 2020 mulai pukul 17.38 WIB dan akan mencapai puncaknya pada pukul 18.51.

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.