Kualifikasi Piala Asia 2023, Filipina Kalah Lawan Palestina, 7 Negara Langsung Lolos. Indonesia?

Palestina memupuskan harapan Filipina melaju ke Piala Asia 2023 (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Timnas Palestina membantai Filipina dengan skor 4-0 dalam laga terakhir di penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia 2023, Selasa, 14 Juni 2022.

Kekalahan itu membuat Filipina gagal sebagai runner up terbaik di Grup B. Filipina hanya mengantongi poin 4. Alhasil Grup B hanya meloloskan Palestina untuk bertanding di Piala Asia 2023.

Hasil akhir itu juga berpengaruh pada grup lain. Kegagalan Filipina meraih poin, membuat enam negara lain, Uzbekistan, Thailand, Hong Kong, India Tajikistan dan Kirgizstan otomatis lolos ke Piala Asia 2023. Apapun hasil pertandingan terakhir dari 6 tim itu tidak berpengaruh lagi buat mereka.

Seperti diketahui, dalam kualifikasi itu, AFV hanya mencari 11 tim lagi untuk bertanding di Piala Asia 2023.

Dari 11 tim itu, diambil dari enam juara grup dan lima runner-up terbaik. Berhubung hanya diambil lima runner-up terbaik, otomatis ada satu runner-up yang gagal lolos ke Piala Asia 2023.

Jika 7 tim, termasuk Palestina sudah memastikan lolos ke Piala Asia 2023, maka tersisa jatah 4 tim lagi yang berebut tiket. Salah satunya Indonesia yang baru bertanding, Rabu dinihari nanti.

Indonesia bisa lolos sebagai runner up terbaik Grup A dengan catatan tuan rumah Kuwait dikalahkan atau bermain imbang atau hanya menang 1-0 melawan Yordania. Jika Kuwait berhasil menang 2-0 atau 3-1, maka apapun hasil akhir Indonesia melawan Nepal tidak ada artinya. Kuwait dan Yordania otomatis lolos ke Piala Asia 2023.

Sampai saat ini sudah ada 20 tim yang lolos. Selain tujuh tim di atas, sudah ada 13 negara yang lebih dulu menyegel tempat.

Mereka lolos karena melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Saat itu, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menemukan 13 tim terbaik dari babak kedua. Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sebanyak 13 itu berasal dari delapan juara grup dan lima runner-up terbaik.

Sebanyak delapan tim yang keluar sebagai juara grup adalah Suriah dari Grup A, Australia (B), Iran (C), Arab Saudi (D), Qatar (E), Jepang (F), Uni Emirat Arab (G) dan Korea Selatan (H). Kemudian, slot lima runner-up terbaik diisi China (A), Irak (C), Oman (E), Vietnam (G) dan Lebanon (H).

Berikut daftar 20 negara yang sudah lolos ke Piala Asia 2023:

1. Suriah
2. Australia
3. Iran
4. Arab Saudi
5. Qatar
6. Jepang
7. Uni Emirat Arab
8. Korea Selatan
9. China
10. Irak
11. Oman
12. Vietnam
13. Lebanon
14. Thailand
15. Uzbekistan
16. Hong Kong
17. India
18. Kirgizstan
19. Tajikistan
20. Palestina

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *