Ini Alasan Presiden Jokowi Pilih Zulkifli Hasan sebagai Mendag

Presiden Jokowi didampingi dua menteri yang baru ZUlkifli Hasan dan Hadi Tjahjono (setneg)

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ditunju Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Perdagangan yang baru. Dia menggantikan posisi Muhammad Luthfi.

Jokowi menyebut penunjukan Zulhas, panggilan Zulkifli Hasan sebagai Mendag, karena Ketum PAN itu dianggap punya pengalaman mengurus perdagangan, khususnya perdagangan dalam negeri.

“Karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan,” kata Jokowi usai acara pelantikan, Rabu, 15 Juni 2022.

Urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini, kata Jokowi, memerlukan kerja-kerja yang terjun lapangan untuk melihat langsung persoalan.

“Utamanya berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat,” ujarnya.

Jokowi lalu tiba-tiba menyinggung urusan ekspor yang menurut dia memang menjadi urusan Menteri Perdagangan. Akan tetapi, kata dia, ada urusan yang lebih penting yaitu menjaga kebutuhan pokok di dalam negeri.

Adapun selain rekam jejak dan pengalaman, Jokowi menyebut dirinya memilih menteri dengan melihat kemampuan manajerial.

“Sekarang bukan hanya makro saja, tapi mikronya juga harus secara detil dikerjakan,” ujarnya Jokowi terkait alasan dipilihnya Zulkifli Hasan.

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.