Luar Biasa, Asia Tenggara Diwakili 4 Tim di Piala Asia 2023, Salah Satunya Timnas Indonesia

Witan Sulaeman merayakan gol ke dua yang diciptakannya bersama Pratama Arhan (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Setelah menanti 15 tahun lamanya, Timnas Indonesia kembali berlaga di Piala Asia 2023. Indonesia mengunci kuota terakhir peserta Piala Asia 2023.

Lolosnya Indonesia ke Piala Asia 2023 yang bakal digelar bulan Juni-Juli 2023, membuat Asia Tenggara memiliki empat wakil. Tiga wakil lainnya, Vietnam, Thailand dan Malaysia.

Skuad Garuda memastikan maju ke tahap berikutnya setelah melibas Nepal 7-0 di laga terakhir babak penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Rabu dinihari WIB, 15 Juni 2022 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City.

Kemenangan itu membuat Indonesia menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik grup. Tim asuhan Shin Tae-yong ini mendampingi Yordania sebagai juara Grup A dengan sembilan poin usai mengalahkan Kuwait 3-0 di laga akhir.

Timnas Malaysia juga lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Bangladesh 4-1 di laga terakhir penyisihan Grup E. Tim berjuluk Harimau Malaya itu mendampingi Bahrain yang lolos sebagai juara grup tersebut. Mereka mencatat dua kemenangan dan satu kalah, seperti Timnas Indonesia.

Timnas Thailand telah memastikan lolos setelah meraih kemenangan dalam dua laga Grup C, yakni mengalahkan Maldievs 3-0 dan Sri Langka 2-0. Meski laga terakhir kalah 2-0 atas Uzbekistan, mereka tetap lolos sebagai salah satu runner-up terbaik.

Timnas Vietnam menjadi tim pertama dari Asia Tenggara yang dipastikan lolos ke Piala Asia 2023. Tim berjuluk The Land of Blue Dragon ini mmenjadi salah satu dari lima runner-up terbaik di Kualifiasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang sekaligus juga sebagai babak kedua Kualifikasi Piala Asia 2023.

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.