Baterai Ponsel Cepat Drop, Ini Resep Isi Daya Ponsel Secara Cepat

Baterai ponsel cepat melemah, ikuti trik ini (ilustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Semakin ‘pintar’ sebuah ponsel, semakin sering ponsel itu digunakan. Akibatnya, ponsel lebih cepat kehabisan daya.

Pada kondisi daya ponsel mulai melemah, pada saat itu kita sangat memerlukan ponsel untuk berkomunikasi, maka disinilah dibutuhkan penambahan daya yang bisa berlangsung dengan cepat.

Berikut tip dan trik agar pengisian daya ponsel lebih cepat:

1. Beli pengisi daya yang cepat

Kabel USB 2.0 standar memiliki output daya 2.5W. Sedangkan pengisi daya yang lebih baru dan lebih cepat memiliki output daya mulai dari 18W hingga 100W.

Lebih banyak output daya berarti ponsel kamu akan terisi penuh dalam waktu yang lebih singkat. Namun, kabel pengisian cepat hanya akan berfungsi dengan telepon yang dirancang untuk menangani pengisian cepat, jadi pastikan untuk memeriksa apakah telepon kamu kompatibel sebelum membeli kabel tersebut.

Sebagai manusia, jantung berdetak tanpa kita sadari. Ponsel kita hampir sama, karena melakukan segala macam fungsi di latar belakang saat kita menggunakannya. Inilah sebabnya mengapa mode hemat daya dapat mengurangi waktu pengisian daya kamu selama beberapa menit.

Ponsel yang berbeda memiliki berbagai pengaturan hemat daya. Namun, intinya adalah ini: mode hemat daya akan mengurangi hal-hal seperti kecerahan layar, fungsi CPU, dan penggunaan data, dan, oleh karena itu, lebih banyak energi dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel kamu daripada menjalankannya.

2. Kelola aplikasi dan unduhan kamu

Beberapa aplikasi mungkin masih berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kamu. Namun, ini tidak berarti harus menutup paksa semua aplikasi di menu multitasking. Menutup paksa aplikasi ini sebenarnya dapat menggunakan lebih banyak daya.

Sebagai gantinya, buka pengaturan baterai, yang mana kamu dapat menemukan daftar aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak, dan tutup atau batasi itu.

Juga bijaksana untuk memeriksa apakah ada aplikasi yang mengunduh pembaruan, karena ini juga dapat menguras baterai. Mengelola aktivitas aplikasi akan membantu ponsel kamu mengisi daya lebih cepat karena pembaruan dan pengoperasian yang tidak perlu tidak akan menghabiskan baterai.

3. Bersihkan lubang pengisian daya

Pernahkah kamu berpikir untuk melihat ke dalam lubang pengisian daya? Debu, serat, dan kotoran dapat terkumpul di port pengisian daya dari waktu ke waktu dan bisa menjadi alasan mengapa ponsel kamu tidak mengisi daya secepat yang seharusnya. Ini karena debu, serat, dan kotoran bersifat non-konduktif, dan oleh karena itu lebih sedikit daya yang disalurkan dari kabel ke baterai ponsel.

Kamu dapat membersihkan itu pengisian daya dengan udara bertekanan. Meskipun tusuk gigi dapat digunakan, namun risikonya terlalu besar, karena memasukkan benda tajam ke port pengisi daya dapat menyebabkan kerusakan serius.

Lebih baik untuk mencegah debu dan serat menumpuk di tempat itu. Kamu dapat melakukan ini dengan membeli penutup lubang pengisian daya.

4. Jangan biarkan ponsel menjadi terlalu panas

Ponsel memiliki sistem kontrol termal internal. Ini mengatur suhu ponsel. Ini juga bertindak sebagai perlindungan untuk mencegah ponsel kamu dari panas berlebih. Misalnya, jika meninggalkan ponsel di bawah sinar matahari selama pengisian daya, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mengurangi panas dan karenanya mengisi daya lebih lambat.

Untuk menjaga ponsel tetap dingin, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Ini termasuk menjauhkan ponsel dari sinar matahari langsung. Mematikannya saat mengisi daya. Mengisi daya di ruangan yang sejuk, atau meletakkannya di sebelah kipas angin.

Sifat kimia baterai lithium menurun seiring waktu. Jadi, jika ponsel masih mengisi daya dengan lambat setelah mengikuti semua trik dalam daftar ini, mungkin sudah saatnya untuk melakukan upgrade.

Di beberapa ponsel, kamu dapat memeriksa kesehatan baterai. Jika tidak, ada aplikasi yang dapat kamu unduh yang menguji kapasitas dan kesehatan baterai.

Dalam beberapa kasus, dapat mengganti baterai dan menyimpan ponsel kamu. Namun, sebagian besar ponsel pintar modern tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, sehingga pengisian daya yang lambat sering kali merupakan tanda bahwa ponsel telah mencapai akhir masa pakainya. ***

Editor: Deandra – Sumber: liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.