Jembatan Sikilang Segera Dibangun, Mahasiswa Apresiasi Bupati Pasaman Barat

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Ketua Umum Kesatuan Mahasiswa Pelajar Sikilang, Ahmad Dianto mengapresiasi kebijakan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi yang akan memprioritaskan pembangunan jembatan Sikilang.

“Jika ini terealisasi akan menjadi sejarah bagi masyarakat Sikilang dan Pak Bupati Hamsuardi. Karena wacananya sudah sejak lama,” ujar Dianto, Minggu 26 Juni 2022.

Ia mengatakan, sudah banyak langkah yang dilakukan dalam upaya pembangunan jembatan Sikilang. Di antaranya melakukan audiensi persoalan pembebasan lahan pada tanggal 4 November 2021 dengan tuntutan waktu itu meminta izin pembebasan lahan kepada PT Agowiratama.

Karena mempersulit izin akses Jalan Sikilang menuju Kecamatan Sikilang sendiri yaitu ke Sungai Aur.

“Perlu dipahami Sikilang mempunyai saham besar terhadap PT Agowiratama yaitu tanah ulayat (tanah adat) yang ditanam sawit oleh perusahaan,” tuturnya.

Sedangkan Perencanaan pemerintah yang membangun jembatan Sikilang sudah dianggarkan tahun 2022 oleh Bupati Pasaman Barat, akan tetapi akses Jalan Sikilang ke Sungai Aur masih dipersulit oleh pihak perusahaan dengan kepentingan sepihak, dan tidak mempertimbangkan keadaan masyarakat saat ini.

“Oleh karena itu kami dari masyarakat Sikilang meminta sama pemerintah daerah untuk mempertegas percepatan pembangunan jembatan tersebut dan tentang perizinan akses jalan Sikilang ke Sungai Aur yang melewati PT Agrowitama, alhamdulillah permasalahan ini selesai,” lanjut Ahmad.

Kendati persoalan lahan sudah selesai, akan tetapi sampai saat sekarang ini jembatan Sikilang belum juga dibangun.

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, harapan masyarakat Sikilang terkait pembangunan jembatan itu mendapat titik cerah dengan komitmen yang disampaikan Bupati Hamsuardi.

Pada 14 Juni 2022 di sela-sela acara halal bihalal Ikatan Keluarga Pasaman Barat Jakarta dan sekitarnya, Ketua Umum KEMAPSI Pusat berdiskusi dengan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi tentang percepatan pembangunan jembatan Sikilang.

“Pak Bupati menegaskan Jembatan Sikilang akan menjadi prioritas pembangunan dan sudah dianggarkan tahun 2022,” ujarnya.

Sebagai masyarakat Sikilang, Ahmad Dianto mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Hamsuardi selaku Bupati Pasaman Barat.

Ia berharap pernyataan bupati tidak hanya sekadar janji, akan tetapi benar-benar terealisasi dengan cepat. Karena Sikilang harus mengenyam pembangunan agar pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat dengan infrastruktur yang memandai.

“Jangan sampai terulang kesekian kalinya masyarakat meninggal dunia dalam perjalanan demi melahirkan anaknya karena jauh menuju kecamatan,” tutupnya. ***

Editor : Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *