Warga Buton Kendari Tangkap Buaya Raksasa

Warga tangkap buaya raksasa di Baubau, Kendari (antara)

LAMANRIAU.COM, KENDARI – Seekor buaya berukuran raksasa dengan berat hamper 1 ton ditangkapa warga di Desa Ambuau Indah, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu, 25 Juni 2022.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Baubau BKSDA Sultra Prihanto mengatakan buaya itu ditangkap di sekitar bantaran sungai yang tidak jauh dari permukiman warga.

“Warga khawatir dengan kehadiran buaya besar itu di dekat pemukiman mereka, lalu mereka berinisiatif menangkap buaya tersebut dengan alat seadanya, yakni tali nilon,” kata Prihanto.

Pihak BKSDA baru diberitahu warga, setelah mereka berhasil menjerat sang buaya. Lalu enam orang petugas BKSDA datang ke loksi untuk proses evakuasi.

Dikatakan, buaya itu berasal dari sungai yang meluap. Untuk itu, kepada warga supaya hati-hati saat mendekati sungai pada musim hujan ini.

“Kami sudah melakukan penyuluhan kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas selama musim penghujan terutama di lokasi yang menjadi habitat buaya itu, mengurangi aktivitas seperti memancing, mandi di sungai yang menjadi habitat buaya terlebih di malam hari,” kata Prihanto seperti dikutip antara, Minggu 26 Juni 2022.

Buaya yang ditangkap warga itu kemudian di evakuasi ke Baubau. Selanjutnya, buaya akan dibawa di BKSDA Sultra di Kota Kendari untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

Editor: Deandra – Sumber L antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.