Internet Sering Lelet atau Lemot, Ini Solusinya

Ini solusi jika jaringan internet lelet atau lemot (ilustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sering kita menemui jaringan internet tiba-tiba lelet atau lemot. Kalau sudah begini, emosi pun jadi tidak stabil. Kerja pun kehilangan mood.

Penyebabnya bisa bermacam. Bisa dari sinyal WIFI atau selular, jumlah perangkat, dan jangkauan sinyal bisa menjadi penyebabnya.

Berikut ini adalah sejumlah penyebab internet menjadi lemot, berdasarkan siaran pers Biznet yang diterima di Jakarta pada Kamis, 30 Juni 2022.

Masalah pada sistem operasi

Adanya masalah pada sistem operasi di perangkat kita bisa menjadi penyebab. Biasanya kita cukup melakukan restart perangkat. Cara ini memang terbukti cukup efektif untuk masalah internet lemot yang disebabkan oleh sistem operasi yang bermasalah.

Internet lemot karena paket data menipis

Kejadian internet lemot juga sering terjadi ketika paket data mulai menipis. Beberapa operator memberlakukan pengurangan kecepatan dengan tujuan agar paket data yang kita miliki tidak lekas habis.

Terlalu banyak membuka aplikasi

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutup aplikasi yang digunakan bisa menjadi salah satu penyebab internet lemot. Aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan internet yang dimiliki, sehingga kapasitas jaringan menjadi terbagi ke dalam beberapa aplikasi.

Mengakses jaringan bersamaan

Ada kalanya internet lemot juga disebabkan karena padatnya akses yang digunakan oleh pengguna lain. Hal ini karena sekian banyak pengguna mengakses internet pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga saat kita mengakses internet terasa lambat

Agar tidak mengalami internet lemot, Anda bisa menggunakan beberapa cara ini untuk mengatasinya;

1. Restart modem atau router

Cara mengatasi WiFi lemot yang cukup efektif selanjutnya yaitu dengan me-restart modem atau router. Untuk me-restart router atau modem, kamu dapat mematikannya melalui saklar maupun tombol power. Kamu juga dapat mencabut langsung adaptornya, lalu tunggu 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

2. Update perangkat gawai secara berkala

Update perangkat secara rutin dan update software bisa jadi solusi, karena terkadang aplikasi masih “menyedot” data walaupun sedang tidak digunakan, sehingga memberatkan kinerja perangkat. Aplikasi-aplikasi yang belum di-update juga dapat membuat ponsel jadi lebih keras bekerja sehingga mempengaruhi koneksi internet.

3. Membersihkan cache pada perangkat gawai

Sering berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa menutupnya bisa menyebabkan koneksi internet terus aktif. Tutup aplikasi yang tidak digunakan. Otomatis aktivitas pada aplikasi tersebut terhenti.

4. Ganti provider internet

Langkah terakhir ketika kamu sudah melakukan semua hal, namun Internet masih tetap lemot yaitu mengganti provider Internet kamu. Mungkin provider Internet yang kamu gunakan saat ini, tidak memiliki jaringan Internet terbaik. Sebagai solusi, kamu dapat menggantinya dengan jaringan Internet WiFi terbaik.

Editor: Deandra

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.