Menanam Pohon Kersen untuk Peneduh

pohon kersen

LAMANRIAU.COM – Menanam pohon kersen di rumah ternyata sangatlah mudah, bahkan bisa dibilang tidak memerlukan perawatan yang rumit. Pohon kersen adalah salah satu jenis pohon peneduh yang dikenal praktis, sebab mudah tumbuh dalam waktu yang singkat.

Selain proses penanamannya yang mudah, pohon kersen juga memiliki banyak khasiat kesehatan. Salah satunya adalah bagian buahnya yang disebut mengandung antibiotik dan bisa meningkatkan sistem imun.

Baca : Bonsai Serut Menawan dan Menggoda di Taman Rumah

Berikut ini cara menanam pohon kersen :

Memilih Bibit

Langkah pertama menanam pohon kersen adalah memilih bibit yang unggul. Apabila awam dalam penanaman tanaman atau baru belajar menanam, sebaiknya beli bibit di toko pertanian. Ada beberapa hal yang bisa jadikan indikator bahwa bibit tersebut berkualitas baik, yakni terbebas dari hama, daun tidak mudah layu, memiliki batang yang tumbuh tidak lurus, dan batangnya memiliki banyak cabang.

Memilih Lokasi Penanaman

Setelah mendapatkan bibit, kini saatnya menentukan lokasi penanaman pohon. Bisa menanam pohon kersen halaman rumah dengan catatan tanahnya subur dan memiliki banyak unsur hara. Selain itu, lokasi penanaman juga harus bersih dari tanaman pengganggu dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Penggalian Lubang Tanam

Pada proses penggalian lubang tanam, gunakanlah alat bantu seperti cangkul atau sekop. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dan siapkan media tanam pohonnya. Untuk bahan media tanamnya, campurkan tanah penggalian lubang dengan dengan pupuk organik dan sekam.

Pengistirahatan Lubang Tanam

Jika semua bahan sudah siap dan lubang tanam sudah digali, terlebih dahulu lakukan pengistirahatan lubang tanam. Pengistirahatan tersebut idealnya selama kurang lebih 2-3 hari dan terkena sinar matahari secara langsung. Proses pengistirahatan ini bertujuan untuk membuang semua racun yang mengendap dalam tanah, pertukaran oksigen dalam tanah, mengusir bibit hama, dan menurunkan potensi penyakit.

Proses Penanaman Bibit

Setelah mengistirahatkan lubang tanam, maka sudah bisa lanjutkan ke proses penanaman bibit kersen. Jika bibit tersebut masih ada dalam polybag atau media lainnya, sebaiknya lepas terlebih dahulu. Kemudian, tanam bagian pangkal bibit kersen dalam lubang tanam secara tegak lurus.

Penutupan Lubang Tanam

Ketika bibit sudah kita tanam tegak lurus pada lubang tanam, maka tutup lubang tersebut dengan tanah bekas galian, pupuk organik, dan sekam. Pada bagian pangkal, sebaiknya buat sedikit padat untuk mencegah bibit tersebut roboh.

Penyiraman

Cara menanam pohon kersen yang juga tak boleh luput dari perhatian adalah tahap penyiraman. Penyiraman lakukan dengan cara menyiram air ke seluruh bagian tanaman hingga meresap ke tanah, namun tidak membanjiri atau menggenang. Walaupun pohon kersen termasuk tanaman yang bisa tumbuh subur tanpa banyak perawatan, tetaplah siram secukupnya.

Pemasangan Ajir

Pada penanaman awal, bibit kersen yang kita tanaman cenderung tidak memiliki akar yang terlalu kuat. Untuk membantu menopang bibitnya, sebaiknya ajir dari bilah bambu yang dipasang secara melingkar.

Pemupukan Susulan

Sama seperti tanaman pada umumnya, pohon kersen juga membutuhkan pemupukan susulan agar bisa tumbuh lebih subur. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *