Unggul 5-1 dari Myanmar U19, Timnas Indonesia Gagal Melaju ke Semifinal Piala AFF 2022

Pemain Timnas Indonesia merayakan keunggulan atas Timnas Myanmar dalam penyisihan grup A Piala AFF 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022).

LAMANRIAU.COM, BEKASI – Timnas Inonesia U19 berhasil mengobrak abrik gawang Timnas Myanmar 5-1 dalam pertemuan terakhir penyisihan grup A Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu 10 Juli 2022.

Sempat tertinggal 0-1 oleh gol pemain Myanmar La Min Htwe pada menit ke 5. Garuda Nusantara tetap bangkit dan penuh motivasi untuk menang.

Bermain di depan puluhan ribu sporter, tuan rumah Timnas Indonesia U-19 seakan termotivasi untuk memberikan penampilan terbaiknya. Sejak peluit dibunyikan pasukan Shin Tae-yong langsung mengambil inisiatif untuk melakukan serangan.

Tampil dengan jersey hijau-putih, pola serangan Timnas Indonesia U-19 lebih banyak bermain di lini sayap. Tapi Myanmar terlihat tenang dalam mengantisipasi serangan tersebut.

Lima menit pertama, Timnas Indonesia U-19 terlihat asik memainkan umpan-umpan pendek untuk memancing pemain bertahan Myanmar keluar dari sarangnya. Tapi justru Myanmar yang mampu mencetak gol pembuka.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 1-1 atas Myanmar setelah adanya heading Kapten Muhammad Ferrari sepuluh menit berikutnya.

Kapten Timnas Indonesia, Muhammad Ferrari memanfaatkan tendangan bebas dengan menyundul bola ke arah kiri gawang.

Kiper Myanmar akhirnya gagal mempertahankan gawangnya setelah gol yang diciptakan Muhammad Ferrari berhasil menjebol pertahanan mereka.

Gol Timnas Indonesia kembali tercipta menit ke 18, yang membuat kedudukan skor 2-1 atas Myanmar. Arkan Fikri melakukan tendangan luar kotak penalti yang tidak pernah diduga oleh kiper Myanmar.

Timnas Garuda semakin meninggikan intensitas serangan setelah unggul dengan terus memberikan tekanan kepada gawang Myanmar. Hasilnya, menit 29, Muhammad Ferrari kembali mencatatkan gol kedua, skor 3-1.

Pemain nomor punggung empat itu berhasil mengimban bola dari bola mati tandukan Rabbani yang gagal diraih kiper Myanmar.

Selang empat menit kemudian, lagi-lagi Indonesia berhasil mengoleksi gol indah lewat tendangan Rabbani yang menggiring bola dari sektor pertahanan. Keunggulan 4-1 bertahan hinga turun minum pada babak pertama.

Memulai babak kedua, pelatih Shin Tae Yong mencoba formasi baru dengan memasukkan Ronaldo Kwartet yang menggantikan posisi Rabbani.

Meski demikian, Timnas Indonesia lebih banyak memperlambat tempo serangan. Sesekali.mencoba untuk meladeni permainan lawan. Justru Myanmar bererapa kali sempat membuat ancaman.

Menit ke 72, Ronaldo Kwartet berhasil membawa Indonesia semakin unggul 5-1 dengan gol lewat tendangan udara langsung berhadapan dengan kiper Myanmar.

Namun kemenangan ini tak membuat Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022. Indonesia memang berhasil mengumpulkan poin 11 dengan 17 gol memasukkan dan kebobolan 2 gol. Hasil ini didalat dari tiga kali kemenangan atas Brunai Darussalam 7-0, Filipina 4-1 dan Myanmar 5-1. Indonesia imbang lewat Vietnam dan Thailand.

Harapan Indonesia kandas setelah dalam pertandingan lain, Timnas U19 Vietnam vs Thailand mendapatkan hasil seri 1-1. Ini artinya Vietnam berhasil mengunci juara dengan poin sama 11 atas Thailand dan Indonesia. Namun Vietnam dan Thailand lebih unggul dari produktivitas gol. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *