Belum Pernah Menang Lawan Thailand dan Vietnam, Ini Jawaban Shin Tae-yong

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia melejit pesat. Sayangnya, timnas baik senior maupun junior, belum pernah menang melawan Thailand dan Vietnam.

Dari rangking badan sepakbola dunia, FIFA, Vietnam dan Thailand posisinya jauh di atas Indonesia. Keduanya boleh dikatakan jawara sepakbola di kawasan ASEAN, baik senior maupun kelompok umur.

Dari empat kali menghadapi Vietnam di berbagai kelompok umur dan senior, hasilnya dua kali imbang dan dua kali kalah dengan skor mencolok 0-4 (senior) dan 0-3 (SEA Games 2021).

Sementara itu, menghadapi Thailand, Shin Tae-yong dan anak asuhnya kalah tiga kali dan imbang dua kali. Terbaru, Timnas Garuda ditahan 0-0 di Piala AFF U-19 2022 dan kalah di leg pertama Piala AFF 2020 dengan skor 0-4.

Shin Tae-yong menanggapi kondisi ini dengan santai. Menurutnya, Indonesia belum bisa mengalahkan mereka hanya factor nasib saja.

Shin Tae-yong juga menyebutkan faktor mental masih menjadi masalah serius di Timnas Indonesia. Perbaikan mental akan terus menjadi fokusnya.

“Sebenarnya masalahnya simpel saja, karena ada jinx (nasib sial). Kita harus lebih kuat mental. Memang sekarang juga sedang dalam tahap berusaha agar menjadi lebih baik lagi. Apalagi U-20 lebih baik daripada senior. Kalau U-20 memang sudah terlihat lebih kuat mentalnya,” ujar Shin Tae-yong seperti dikutip dari Youtube Sport77 Official.

“Namun, perlunya sekarang menanamkan mental yang baik kepada timnas senior. Setelah itu pasti bisa bersaing lebih baik lagi lawan Vietnam, Thailand, dan Malaysia,” sambung pelatih yang pernah menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Editor: Deandra, Sumber:okezone

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *