Tak Selamanya Investasi Kripto Untung Besar, Begini Pengalaman Para Pemain

Investasi kripto, cepat untung, cepat pula rugi (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Beberapa waktu lalu, semarak tawaraan untuk investasi kripto. Cuannya lebih besar dari bermain saham, kata si penawar investasi. Betulkah?

Para pemain saham paham betul soal investasi kripto ini. Menurut mereka resiko investasi kripto jauh lebih besar dari bermain saham. Keuntungan dan kerugian kripto bisa terjadi dalam waktu singkat.

Terbukti sekarang, betapa anjloknya investasi kripto ini. Tahun lalu, bitcoin sempat menembus US$62 ribu per keping. Tapi, sekarang anjlok menjadi US$19.106 pada 18 Juni lalu. Ini adalah masa suram bagi investor bitcoin.Apalagi angka tersebut adalah terendah sejak Desember 2020.

Di tanah air, banyak investor kripto mengalami kerugian besar. Harga kripto sudah anjlok.

Salah satunya Ilyas Praditya (33) yang bekerja sebagai Pegawai Swasta di Ibu Kota. Dia mengatakan memilih investasi kripto karena penasaran. Pada saat itu memang menggiurkan dengan kenaikan harga yang cepat.

Meski demikian, ia tak melihat investasi kripto sebagai sesuatu yang spesial. Pasalnya, setelah mencoba, investasi kripto hanya menguntungkan bagi pemain lama.

“Intinya kripto itu hanya menguntungkan bagi orang-orang lawas, bagi orang-orang baru yang mau investasi di kripto, mending cari lain,” ujarnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis, 21 Juli 2022.

Ilyas juga sempat merasakan kerugian akibat investasi kripto. Menurutnya, kerugian yang dirasakan tak seberapa dibandingkan pemain kripto lainnya. Sehingga ia tak mengambil pusing.

“Karena prinsip saya kalau sudah masuk trading anggap saja uang sudah hilang. Ya saat kripto anjlok saya sempat rugi Rp10 jutaan. Ikhlaskan saja, mungkin memang belum rejeki,” kata dia.

Lanjutnya, sebelum terjun ia sudah belajar cukup lama mengenai investasi kripto dan bagaimana risikonya. Oleh karenanya, ia tak hanya mengandalkan satu investasi saja.

Pegawai swasta lainnya yang juga menjadi investor kripto adalah Yoyo (29). Yoyo juga merasakan keuntungan dan kerugian saat bermain kript. Apalagi ia adalah salah satu korban Luna.

Terra (LUNA) adalah salah satu aset kripto yang dibekukan manajemen dalam perdagangan di blockchain. Pasalnya, harganya terus menurun drastis.

“Saya salah satu korban Luna, meski kerugian yang saya alami enggak sebanyak orang-orang, tapi lumayan lah,” jelasnya.

Meski mengalami kerugian, Yoyo menilai dari semua investasi yang dipunya, kripto adalah juaranya.

“Enakan kripto, dapat untungnya cepat dan lumayan, tapi sebanding juga sih dengan risikonya ruginya juga bisa cepat,” tuturnya.

Investor lainnya adalah Willy (27) yang pertama kali berinvestasi di aset kripro pada Januari 2021 saat dogecoin lagi jaya. Hal tersebut membuatnya penasaran dan langsung masuk ke aset kripto.

Saat itu, Willy merasakan keuntungan yang drastis. Hanya selang berapa lama,  keindahan itupun sirna. Cuan yang telah dikumpulkan hilang semua. Meski demikian, ia mengakui tak ada kerugian besar selain keuntungannya yang hilang saat masa suram itu.

“Bagus banget itu harganya waktu semester I/2021, tapi terus ambles kalau nggak salah Juli ya. Nggak rugi sih cuma cuannya hilang semua. Tapi aku tetep main trading-trading ikut tren gitu, pas November waktu bitcoin sekitar US$50.000, itu aku tarik semua,” tukasnya.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *