Tour de Siak Kembali Digelar, Tiga Daerah Akan Dilewati

Pemprov Riau akan menggelar Tour de Siak tahun ini (ilustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Setelah absen dua tahun karena pandemic covid-19. Tour de Siak kembali digelar. Rencananya, pagelaran lomba balap sepeda digelar akhir November 2022.

Jika selama ini Tour de Siak hanya seputar Kabupaten Siak, kali ini jalur balapan diperluas ke Pelalawan dan Pekanbaru.

Hal itu diungkap Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto, Jumat, 22 Juli 2022.

“Pelaksanaan Toer de Siak tahun ini akan melintasi tiga daerah, yakni Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kota Pekanbaru,:” kata SF Hariyanto.

Menurut Sekdaprov Riau, tour de siak ke delapan ini diminta oleh Gubernur untuk diselenggarakan tahun ini.

“Pak Gubernur minta untuk menyiapkan pelaksanaan Toer de Siak dapat dilaksanakan tahun ini,” ujarnya.

Karena melibatkan tiga daerah, Pemrov Riau melibatkan Pemerintah Kabupaten Siak, Pelalawan dan Kota Pekanbaru untuk persiapan lomba. Selain itu, Pemprov Riau juga melibatkan Satker Jalan Nasional.

“Dalam rapat persiapan, tour de siak bakal melakoni empat etape. Pertama etape city rase Kota Siak dan pembukaan di Siak. Etape kedua Siak-Pelalawan. Etape ketiga Pelalawan-Pekanbaru, dan etape empat city rase Kota Pekanbaru,” urainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat menyebutkan, minggu depan pihaknya akan turun ke lokasi rute Tour de Siak bersama kabupaten kota yang terlibat.

Setelah peninjauan rute yang dilewati Toer de Siak, kata Roni, maka langkah selanjutnya pihaknya akan mengekspose ke Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pusat.

“Nanti dari ISSI pusat akan meninjau hasil ekspose dari panitia Tour de Siak. Setelah mereka turun meninjau, apakah sesuai standar atau tidak, maka baru mereka bisa memberi rekomendasi boleh dilaksanakan,” terangnya.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *