Survei Capres ‘VOXinstitute’ di Riau : Anies, Prabowo, Ganjar Bersaing Ketat, AHY Di Luar 5 Besar

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tidak ada kejutan dari hasil survey VOXinstitute tentang calon presiden di Riau.

Tiga nama yang digadangkan selama ini Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo muncul di tiga teratas. Prosentase elektabilitasnya pun terpaut tipis. Anies 18,7%, Prabowo 17,3% dan Ganjar 16,3%.

“Dengan margin eror 3,5%, terlihat di sini, jika Pilpres dilakukan hari ini, ke tiga nama itu berpeluang menang di Riau,” kata Direktur Riset VOXinstitute didampingi Direktur Eksekutif Fendri Jaswir dan Direktur Pendidikan dan Latihan (Diklat) Doni Octavian dalam jumpa pers, Selasa, 26 Juli 2022 di Gedung PWI Riau, Jl Arifin Achmad No. 9 Pekanbaru.

Yang menarik dari hasil survey ini, nama Agus Harimurti Yudhoyono. Capres yang diusung Partai Demokrat tingkat elektabilitasnya hanya 4,2%.

Dari rangking yang dikeluarkan VOXinstitute, AHY berada di posisi ke 7.

Elektabilitasnya berada di bawah, Sandiaga Uno 8,7%, Airlangga Hartarto 7,0% dan Erick Thohir 5,5%.

Survei dilakukan pada bulan Juni 2022 di 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau. Sampel diambil sebanyak 600 responden secara proporsional sesuai dengan jumlah penduduk dengan metode stratified multistage random sampling. Margin of Error lebih kurang 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan dengan wawancara terhadap responden terpilih. Responden yang diwawancarai berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, bukan TNI/Polri dan penduduk Riau berdomisili di salah satu kabupaten/kota di Provinsi Riau. ***

Editir: Deandra