Kemana Anda Libur Hari Ini? Ada Banyak Tempat Libur di Riau

Ulu Kasok adalah Raja Ampat mininya Riau (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Provinsi Riau mempunyai lokasi wisata yang tidak kalah menarik dengan Sumatera Barat. Tak ada salahnya, sekali-kali liburannya di obyek wisata Riau saja.

1. Pulau Jemur

Bagi penyuka suasana pantai dan pulau, bisa berlibur ke Pulau Jemur. Pulau ini terletak di Selat Malaka. Berada di Kecamatan Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir.

Pulau Jemur masuk ke dalam gugusan Pulau Arwah yang berbatasan dengan Malaysia. Memiliki pantai dengan pasirnya yang putih.

Pulau ini tidak berpenghuni. Karena pulau ini berada di pulau terluar Indonesia, saat ini Pulau Jemur ditempati Pos TNI AL sebagai pos pengamatan.

Selain dari pasir pantainya yang putih, kita juga dapat menyaksikan gradasi dari air laut yang jernih. Kehidupan bawah lautnya pun kaya akan keanekaragaman hayati.

2. Pulau Beting Aceh

Jangan sampai salah. Pulau Beting Aceh tidak terletak di Aceh. Pulau ini terletak di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Pulau Beting Aceh disebut juga pasir berbisiknya Riau. Hamparan pasir putih yang terdapat di Pulau beting Aceh ini akan mengeluarkan suara saat kita menginjaknya atau menyentuhnya dengan tangan. Suara yang dihasilkan oleh pasir tersebut seperti orang yang sedang berbisik.

Kita juga akan melihat gradasi warna laut yang berwarna hijau toska yang jernih. Di pulau ini juga terdapat pohon-pohon cemara yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh. Waktu terbaik untuk menuju pulau ini adalah pada sore hari sekitar pukul 4-6 sore.

Untuk menuju Pulau Beting Aceh, kita bisa menyewa speed boat dari Desa Tanjung Medan atau juga dari Teluk Rhu. Waktu tempuh menuju pulau dengan menggunakan speed boat sekitar 45 menit.

Di SUngai Gulamo kita bisa nikmati olahraga air (net)

3. Sungai Gulamo

Sungai Gulamo terkenal dengan nama Green Canyon Gulamo. Sungai Gulamo membelah tebing yang banyak dihiasi tumbuhan hijau di sepanjang tebingnya.

Sungai Gulamo memiliki air yang jernih dan udaranya yang menyejukan. Di sini kita dapat melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang, body rafting, atau bermain-main dengan menggunakan ban. Saat berkunjung, jangan lupa untuk membawa bekal makan dan minum agar tidak kelaparan.

4. Bukit Ulu Kasok

Bukit Ulu Kasok sering disebut sebagai Raja Ampat Mini. Pemandangan dari atas bukit Uluk Kasok yang nampak seperti Raja Ampat di Papua. Pulau-pulau yang terlihat dari Bukit Ulu Kasok merupakan pulau yang berada di sebuah kawasan waduk PLTA Koto Panjang.

5. Air Terjun Lubuk Bigau

Air Terjun Lubuk Bigau, sering disebut juga dengan nama Air Terjun Batang Kapas atau Air Terjun Pangkalan Kapas. Air terjun ini letaknya masih dikelilingi hutan yang masih alami, dengan berbagai flora dan fauna di dalamnya.

Air terjun ini tinggi nya diperkirakan 150 meter.. Air terjun meluncur dari sebuah tebing batu yang gagah menjulang tinggi. Pada bagian tengah tebing tersebut terdapat sebuah celah yang biasa digunakan untuk bermalam.

Air Terjun Lubuk Bigau berada di Desa Lubuk Bigau Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Provinsi Riau

8. Sungai Hijau

Sungai Hijau berada di Desa Salo, Kabupaten Kampar. Merupakan sungai yang masih terjaga keasriannya.

Warna sungai yang hijau yang jernih itu berasal dari gangang dan lumut yang tumbuh di dasar sungai. Sungai ini memiliki kedalam yang berbeda-beda, dari 30 centimeter hingga 1,5 meter.

Sungai yang dangkal dapat digunakan bermain oleh anak-anak, tetapi orang tua harus tetap mengawasinya.

Sungai Hijau letaknya berada di pinggir Jalan Luar Bangkinang, sehingga tidak sulit ditemukan. Panjang dari sungai ini sekitar 400 meter, dan terdapat tiga tempat pemandian.

Redaktur: Denni Risman