Kesehatan Tulang Pun Harus Dijaga, Ini Resepnya

Konsumsi calcium baik untuk kesehatan tulang (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dua tahun pandemi Covid-19 berlangsung, membuat aktifitas lebih banyak di rumah. Tidak banyak bergerak.

Kondisi seperti ini berisiko menurunkan kesehatan tulang. Pasalnya, tulang butuh banyak tekanan dengan berbagai aktivitas gerak agar padat dan kuat.

Memang tanpa pandemi pun penurunan kesehatan tulang tetap terjadi seiring bertambahnya usia. Maka, penting menjaga kesehatan tulang sedini mungkin sehingga dapat bekerja dengan produktif dan tetap aktif menikmati masa tua.

Spesialis bedah ortopedi Isa An Nagib menjelaskan pada usia 0-30 tahun, tulang mengalami deposisi atau lebih banyak pembentukan dibandingkan pembongkaran.

Namun, di atas usia tersebut secara fisiologis tulang akan mengalami degenerasi dan terjadi lebih banyak pembongkaran.

“Kondisi seperti itu apabila terus menerus dibiarkan akan membuat kondisi tulang tidak baik. Tulang jadi rentan patah, bahkan hanya kepeleset saja bisa membuat tulang patah. Keadaan seperti ini tidak boleh dibiarkan karena akan membuat kualitas hidup jadi berkurang,” jelas Isa seperti dilansir tempo, Sabtu, 30 Juli 2022.

Untuk menjaga kesehatan tulang ada beberapa langkah preventif yang bisa dilakukan, yaitu mengonsumi makanan-makanan dengan kandungan kalsium yang cukup untuk kebutuhan harian.

Kemudian, melakukan aktivitas dan olahraga yang mampu menjaga kepadatan tulang, seperti bersepeda, lari, jalan kaki, dan sebagainya.

Selanjutnya, hindari aktivitas dan kebiasaan yang mendorong percepatan dari pengeroposan tulang seperti merokok dan minum alkohol.

“Tambahkan suplemen yang mengandung kalsium dan pastikan mengonsumsi suplemen kalsium yang mengandung vitamin K2 dan magnesium sebagai pencegahan. Rutin mengonsumsi suplemen setiap hari baik dilakukan,” jelasnya.

Redaktur: Denni Risman – SUmber: tempo.co