Sudahkah Anda ke Green Canyon Riau, Sungai Gulamo? Nikmati Eksotismenya

Mari nikmati eksotisme Green Canyon Sungai Gulamo, Kampar, Riau (net)

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Aslinya Green Canyon itu berada di Arizona, Amerika Serikat. Lalu nama ini popular juga di Pangandaran, Jawa Barat.

Tak kalah dengan Green Canyon Pangandaran yang berada di Sungai Cijulang, Kabupaten Kampar, Riau juga memiliki Green Canyon. Letaknya berada di Sungai Gulamo di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Pesonanya, tentu imbanglah dengan Green Canyon Pangandaran. Air sungai berwarna hijau.

Ada juga air terjun dua buah di sepanjang aliran Sungai Gulamo. Suasana ini yang membuat pengunjung jadi terkagum.

Untuk berwisata di Sungai Gulamo, kita harus menyewa sampan lengkap dengan baju pelampung seharga Rp 500.000 pulang pergi.

Ada banyak warga yang menjual jasa penyewaan sampan itu. Salah satunya Safri (54 tahun). Satu sampan bisa diisi

“Kami mendapat tambahan pendapatan dari kegiatan mengantar penumpang yang ramai pada Sabtu dan Ahad. Pengunjung makin padat saat libur nasional, Idul Fitri dan tahun baru. Pendapatan bisa mencapai jutaan rupiah per hari,” kata Safri yang sehari-hari bekerja sebagai peladang.

Dari Kota Pekanbaru ke Sungai Gulamo bisa ditempuh 2,5 jam perjalanan dengan mobil. Starting poin berada di Waduk PLTA Koto Panjang, Desa Tanjung Alai. Dari sini baru wisatawan menyewa sampan.

Sampan bergerak melewati jembatan PLTA. Pemandangan danau makin mempesona saat bangkai besar pohon cukup banyak terhampar di permukaan danau. Pohon itu ditenggelamkan saat pembuatan Waduk PLTA.

Setelah asyik mengitari Danau PLTA tersebut, pengunjung akan bertemu dengan aliran masuk ke Sungai Gulamo. Sisi kiri kanan sungai dipagari tebing-tebing curam. Ketinggian tebing mencapai 10-15 meter.

Perlahan tapi pasti saat memasuki Sungai Gulamo, air sungai mulai berubah warna menjadi hijau terang dan udaranya cukup sejuk.

Selang beberapa menit  sungai terdapat dua air terjun. Airnya seakan mengisi penuh Sungai Gulamo. Semakin ke ujung Sungai Gulamo, kita akan menjumpai batu-batu besar yang indah.

Air sungai yang semakin berubah menjadi jernih membuat pengunjung dapat melihat pasir-pasir putih yang ada di dasar sungai. Di sini wisatawan dapat aman berenang menikmati dingin dan segarnya air Sungai Gulamo.

Nah, asyik bukan. Yuuk agendakan liburan ke sana.

Redaktru: Denni Risman