Bekas Galian SPAM PDAM Pekanbaru Kembali Makan Korban, Warga: Mana Tanggungjawab Kontraktor?

Bekas galian SPAM PDAM Pekanbaru sudah banyak makan korban (lamanriau)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bekas galian proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) PDAM Pekanbaru di ruas jalan Rambutan-Adi Sucipto kembali makan korban.

Kali ini sebuah mobil box perusahaan minuman botol terpersok di Jalan Adi Sucipto, Kelurahaan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Selasa, 2 Agustus 2022, siang.

Mobil box rencana mau bongkar pesanan ke salah satu kedai tidak jauh dari perempatan jalan Adi Sucipto dengan jalan Rambutan dan Kartama. Saat melintasi bekas galian, ternyata bekas galian itu di dalamnya kosong. Ban mobil pun langsung terperosok.

“Saya pikir, timbunan galian itu keras, ternyata lunak dan berlubang di dalamnya,” kata sopir box kepada lamanriau, Selasa.

Ketika hujan turun, beks galian langsung losngro (lamanriau)

“Saya juga pernah terperosok ke dalam lubang bekas galian itu,” kata Wahyu, warga Kartama yang berada di lokasi kejadian.

Ini bukan pertama kali adanya kenderaan yang terperosok ke dalam lubang penggalian pipa SPAM PDAM Pekanbaru tersebut.

Waktu pengerjaan proyek ini di jalan Rambutan, banyak sepeda motor bahkan ada mobil yang ikut terperosok.

Semua kejadian itu karena pihak pemborong proyek SPAM hanya menutup bekas galian, tanpa memadatkannya. Akibatnya, ketika hujan deras datang, air langsung menggerus dasar galian.

Ban mobil box terperosok ke dalam lubang bekas galian SPAM PDAM Pekanbru (lamanriau)

Dari atas terlihat tertutup, sementara di bawah sudah berlubang. Saat dilalui kenderaan, roda kenderaan langsung amblas.

Keluhaan itu sudah sering dilontarkan ke para pekerja, tapi tidak ada tindak lanjutnya.

Redaktur: Denni Risman